STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTIS (STUDI KOMPARASI SLB SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA BANTUL, YOGYAKARTA DAN SLB-C DHARMA RENA RING PUTRA II KUSUMANEGARA, YOGYAKARTA)

DIAN PERMANA, SPDI, NIM. 1420410037 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTIS (STUDI KOMPARASI SLB SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA BANTUL, YOGYAKARTA DAN SLB-C DHARMA RENA RING PUTRA II KUSUMANEGARA, YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTIS (STUDI KOMPARASI SLB SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA BANTUL, YOGYAKARTA DAN SLB-C DHARMA RENA RING PUTRA II KUSUMANEGARA, YOGYAKARTA))
1420410037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTIS (STUDI KOMPARASI SLB SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA BANTUL, YOGYAKARTA DAN SLB-C DHARMA RENA RING PUTRA II KUSUMANEGARA, YOGYAKARTA))
1420410037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dian Permana. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus Autis. (Studi Komparasi SLB-C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta dan SLB Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta) Tesis. Program Pascasarjana dalam Kosentrasi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang, berawal dari hasil observasi di lapangan yakni di SLB-C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta dan SLB Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta, di sana peneliti melihat, terdapat jumlah siswanya yang banyak dan terkondusifkan dalam mendapatkan pembelajaran pendidikan agama Islam. Di sisi lain, sebagian siswa di sekolah tersebut sudah mendapatkan banyak penghargaan dalam kompetensi baik untuk tingkatan sekolah, dikecamatan sampai nasional. Di samping itu guru yang mengajar kurang. Meskipun jumlah pendidik yang terbatas tetapi mampu memenuhi kebutuhan siswa, yakni memberikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang di atas maka pokok permasalahan yang akan dibahas di sini adalah 1) Apa Strategi yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran PAI?., 2). Mengapa strategi itu digunakan dalam menyampaikan pembelajaran PAI?., 3) Bagaimana Implementasi strategi tersebut? 4) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran pendidikan agama Islam? 5) Bagaimana perbandingan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SLB-C Dharma Rena Ring Putra II dan SLB Sekolah Khusus Anak Autis Bima Anggita Yogyakarta?. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif, analitik dan komparatif. Dalam pengmumpulan data, peneliti menggunakan metode yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan dalam menganalis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yakni 1). Strategi yang digunakan adalah Kelompokindividu (groups-individual). 2). Strategi kelompok-individu (groups-individual) dalam prosesnya dinilai efektif, Menyenangkan, aktif, inspirtif, menantang, dan memotivasi. 3). Implementasi strategi pembelajaran Kelompok-individu (groupsindividual) dalam pelaksanaannya baik, yakni sesuai dengan indikator yang dituju. 4). Faktor pendukung dan penghambat yakni terletak kepada guru, siswa, orang tua wali siswa, perangkat pembelajaran, yang dalam hal ini tentunya baik (pendukung) dan kurang baik (penghambat). 5). Perbedaan antara dua lembaga sekolah di sini terkait strategi pembelajaran pendidikan agama Islam adalah pada SLB Khusus Autis Bina Anggita semua guru ikut berperan dan pada SLB C Dharma Rena Ring Putra II hanya guru mata pelajaran pendidikan agama Islam saja yang berperan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, dan Anak Berkebutuhan Khusus Autis.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:34
Last Modified: 27 Apr 2016 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum