STUDI KOMPARASI MAHĀRAH AL-KALĀM DAN MAHĀRAH AL-KITĀBAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI MI DAN ALUMNI SD DI KELAS VII MTS MA’ARIF 1 PONOROGO

LATIFATUL MU’AWANAH, SPDI, NIM. 1420410050 (2016) STUDI KOMPARASI MAHĀRAH AL-KALĀM DAN MAHĀRAH AL-KITĀBAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI MI DAN ALUMNI SD DI KELAS VII MTS MA’ARIF 1 PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MAHĀRAH AL-KALĀM DAN MAHĀRAH AL-KITĀBAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI MI DAN ALUMNI SD DI KELAS VII MTS MA’ARIF 1 PONOROGO)
1420410050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MAHĀRAH AL-KALĀM DAN MAHĀRAH AL-KITĀBAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI MI DAN ALUMNI SD DI KELAS VII MTS MA’ARIF 1 PONOROGO)
1420410050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latifatul Mu’awanah, 2016, “Studi Komparasi Mahārah al-Kalām dan Mahārah al-Kitābah Bahasa Arab Siswa Alumni MI dan Alumni SD di Kelas VII MTs Ma’arif 1 Ponorogo”, Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Bahasa Arab merupakan alat komunikasi dan penghubung dalam pergaulan manusia sehari-hari. Pembelajaran bahasa Arab bagi siswa yang berasal dari MI sudah tidak asing lagi, tapi jika materi yang telah diajarkan tidak pernah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maka materi tersebut akan mudah lupa bahkan hilang. Terutama bagi siswa yang berasal dari Sekolah Dasar yang belum pernah mendapatkan materi bahasa Arab sama sekali, jadi mereka harus lebih ekstra dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu, kurang adanya pemahaman siswa terhadap pengaplikasian materi yang sudah dipelajari ke dalam praktek pembelajaran di kelas terutama dalam hal merangkai kata menjadi kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Arab di kelas VII, hasil evaluasi belajar bahasa Arab khususnya untuk Mahārah al-Kalām dan Mahārah al-Kitābah siswa yang berasal dari MI maupun SD di kelas VII MTs Ma’arif 1 Ponorogo. Selain itu juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang sangat signifikan atau tidak dari hasil belajar Mahārah al-Kalām dan Mahārah al-Kitābah siswa baik dari MI maupun SD. Jika dilihat dari segi latar belakang pendidikan sebelumnya sudah bisa dikatakan banyak perbedaan akan tetapi dengan adanya program pengembangan bahasa / Fun Arabic, perbedaan itu tidak terlalu signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif (quantitative research). pendekatan ini ditujukan untuk menganalisa data-data yang berupa angka-angka dengan menggunakan instrumen-instrumen formal, standar, dan bersifat mengukur. Data penelitian diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes keterampilan berbicara dan menulis bahasa Arab siswa. Teknik analisis data berupa teknik analisis kuantitatif yang menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif 1 Ponorogo, metode maupun media yang digunakan cukup bervariasai meskipun sarana dan prasarana di sekolah belum memadahi. 2) adanya perbadaan hasil belajar Mahārah al-Kalām dan Mahārah al-Kitābah siswa alumni MI dan alumni SD, berdasarkan hasil uji beda Mean yang menunjukkan bahwa nilai ratarata keterampilan berbicara siswa alumni MI lebih besar dari siswa alumni SD, yaitu 89,68 85,67. Sedangkan untuk keterampilan menulis siswa alumni MI juga lebih besar dari siswa alumni SD, yaitu 74,13 71,47 dengan selisih rata-rata 4,000 dan 2,667. Dan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan independent ttest diperoleh thitung sebesar 1,155 dan 1,005 lebih besar dari ttabel yaitu 0,361 (1,155 0,361 dan 1,005 0,361). Sedangkan untuk keterampilan berbicara nilai sig.2-tailed nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,258 0,05, dan untuk keterampilan menulis nilai sig.2-tailed nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,324 0,05. viii Maka dari data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar mahārah al-kalām dan mahārah al-kitābah bahasa Arab siswa Alumni MI lebih tinggi dari siswa yang Alumni SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mardjoko Idris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Mahārah al-Kalām dan Mahārah al-Kitābah Siswa Alumni MI dan Alumni SD, Perbedaan Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:47
Last Modified: 27 Apr 2016 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum