INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN BANGSA YOGYAKARTA

EKO KURNIAWAN , SPDI, NIM. 1420410065 (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN BANGSA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN BANGSA YOGYAKARTA)
1420410065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN BANGSA YOGYAKARTA)
1420410065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Eko Kurniawan, Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di TK Harapan Bangsa Yogyakarta. Tesis: Jurusan Pendidikan Agama Islam Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015.. Penelitian ini dilatarbelakngi: Maraknya remaja bahkan anak-anak yang melakukan tindakan-tindakan negatif yang tidak menguntungkan atau merugikan diri sendiri maupun orang lain, seperti munculnya sikap-sikap membangkang tehadap orang yang lebih tua maupun teman sebaya yang akhirnya akan berujung pada kenakalan remaja. Untuk memberikan bimbingan serta mengembalikan kepada fitrahnya supaya menjadi pribadi yang memiliki nilai moral yang baik. Maka jalan yang harus ditempuh adalah memberikan bekal keagamaan yang cukup sejak dini. Internalisasi nilai-nilai Agama Islam harus dihadirkan dalam wilayah ini, karena dengan menginternalisasikan nilai-nilai Agama Islam mampu memberikan bekal moral kepada seseorang. Gagasan dalam penelitian ini adalah bagaimana Pendidikan Agama Islam Di TK Harapan Bangsa Yogyakarta bisa membekali nilai keagamaan pada anak usia dini. TK Harapan Bangsa Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang menerapkan sistem pendidikan full day school yang menurut peneliti sangat menarik untuk diteliti. Untuk mengetahui sejauh mana pendidikan Agama Islam yang di ajarkan di TK Harapan Bangsa Yogyakarta.Tujuan penelitian ini untuk mengungkap secara teoritis dan praktis. Pendidikan Agama Islam yang di lakukan TK Harapan Bangsa Yogyakarta mampu membekali nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini dan penelitian ini mampu memberikan wahana dan masukan bagi perkembangan dan konsep internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan teori perkembangan moral yang digagas oleh Lawrence Kholberg. Penulis meneliti aspek nilai-nilai Agama Islam yang di internalisasikan, Proses interalisasi, hasil internalisasi, dan faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai Agama Islam di TK Harapan Bangsa Yogyakarta. dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun analisis data secara komprehensif dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses penelitian dilaksanakan sampai pada akhir penelitian yaitu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa : pertama, Nilai-nilai Agama Isla yang diinternalisasikan pada anak usia dini Di TK Harapan Bangsa Yogyakarta meliputi nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai keimana meliputi rukun iman yakni iman kepada Allah, iman kepada kitab Allah, iman kepada malaikat, iman kepada rosul Allah, iman kepda hari kiamat dan iman kepada qodho‟ dan qadar. Nilai ibadah meliputi, Tata cara shalat, shalat wajib dan shalat sunnah yakni shalat dhuha, tata cara wudhu dan do‟a sehari-hari. Sedangkan nilai akhlak meliputi akhlak kepada Allah, kepada orang yang lebih tua dan kepada sesama dan lingkungan. Kedua, viii proses internalisasi nilai-nilai Agama Islam dilakukan dalam proses pembelajaran. baik pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas. Dan metode yang dipakai meliputi metode bernyanyi, cerita, tanya jawab, keteladanan, tadabur alam, dan pembiasaan. Ketiga, hasil dari internalisasi nilai-nilai Agama Islam di TK Harapan Bangsa Yogyakarta sudah bagus. karena anak didik sudah bisa mengamalkan apa yang didapat di sekolah ketika berada luar sekolah seperti di dalam keluarga. Keempat, faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai Agama Islam di TK Harapan Bnagsa Yogyakarta. Faktor pendukung dalam internalisai nilai Agama Islam meliputi sarana prasarana, guru dan peran aktif orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yakni, kurangnya alat penunjang untuk mengajarkan Agama Islam, guru yang mengajar bukan dari guru PAI, dan lingkungan yang jauh dari tempat ibadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai Agama Islam, dan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 12:59
Last Modified: 27 Apr 2016 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum