KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN TUAN GURU HAJI TURMUDZI BADRUDDIN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

SUHIRMAN JAYADI, SPDI, NIM. 1420410102 (2016) KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN TUAN GURU HAJI TURMUDZI BADRUDDIN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN TUAN GURU HAJI TURMUDZI BADRUDDIN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
1420410102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN TUAN GURU HAJI TURMUDZI BADRUDDIN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
1420410102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Suhirman Jayadi; Konstruksi Pemikiran Pendidikan Tuan Guru Haji Turmudzi Badruddin dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Kajian atas tema ini dilatar belakangi oleh kegelisahan akademik penulis terhadap pendidikan Islam di Indonesia, bahwa di tengah arus modernisasi dan globalisasi dewasa ini pendidikan Islam dirasa kurang berperan dalam menyelesaikan permasalahan yang ditimbulkan dua arus tersebut. Di samping itu, ketidakjelasan paradigma dan kaburnya dasar filosofi pendidikan Islam juga menjadi problematika lainnya yang juga berdampak pada rendahnya pengembangan teori-teori pendidikan Islam di Indonesia. Dalam pada itu, konstruksi sistem pendidikan Islam pada dasarnya lebih ideal jika dibandingkan dengan sistem pendidikan yang lain, termasuk sistem pendidikan Islam yang dikembangkan di Barat, sehingga kajian atas konstruksi pemikiran pendidikan yang digagas TGH. Turmudzi Badruddin pun dihajati ke arah upaya yang bersifat solutif atas permasalahan dalam praktek pendidikan di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui konstruksi pemikiran pendidikan TGH. Turmudzi dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Hasil penelitian ini pun diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi pengembangan khazanah intelektual dalam pendidikan Islam. Teori yang digunakan ialah konfigurasi teori pendidikan Islam oleh Athiyah al-Abrasy. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif, tepatnya ialah field research dengan pendekatan historis-filosofis, dimana datanya digali melalui sumber primer dan sekunder serta sumber lain yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui dokumentasi dan wawancara sebagai cross check terhadap data yang tidak dipahami maksudnya. Selanjutnya analisa data dilakukan melalui triangulasi dan ketekunan dalam pengamatan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh meliputi; 1) Bahwa dalam konstruksi pemikiran TGH. Turmudzi dibicarakan pokok-pokok pemikiran beliau mengenai pendidikan Islam, pokok pemikiran tersebut juga merupakan beberapa komponen pendidikan Islam, diantaranya; (a) hakikat manusia ialah makhluk berpikir dan khalīfah fī al-ardh, (b) Hakikat pendidikan Islam, mengantarkan manusia pada tingkat pemuliaan dirinya sebagai manusia melalui kemampuan dasar (fitrah) dan kemampuan ajarnya, (c) Tujuan pendidikan Islam pada dasarnya sesuai dengan tujuan hidup manusia dan peranannya sebagai ciptaan Allah Swt., (d) Pendidik dan peserta didik, pendidik adalah bapak rohani bagi peserta didik. Dan peserta didik merupakan objek sekaligus subjek pendidikan yang dianugerahi fitrah, potensi dan kodrat tertentu, (e) Aspek kurikulum, ia melihat bahwa kandungan pendidikan Islam meliputi disiplin yang luas atau mencakup disiplin ilmu agama maupun disiplin ilmu umum, (f) Metode yang ditawarkannya dalam kegiatan pembelajaran pendidikan Islam bersifat kritis-reflektif. 2) Bahwa pokokpokok pemikiran dalam konstruksi pemikiran pendidikan TGH. Turmudzi dapat dipahami bahwa sangat relevan dengan praktek pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si., MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Konstruksi Pemikiran, Relevansi, TGH. Turmudzi.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 13:10
Last Modified: 27 Apr 2016 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum