PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM ANGKATAN 2013 FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NURUL ISNAENI, NIM. 12220057 (2016) PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM ANGKATAN 2013 FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM ANGKATAN 2013 FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12220057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM ANGKATAN 2013 FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12220057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (474kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teman sebaya dan faktor penghambat pelaksanaan peran teman sebaya dalam pembentukan kepribadian mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2013 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 kelompok mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2013 yaitu NFL, EW, AA, sedangkan objek penelitian ini adalah peran teman sebaya dan faktor penghambat pelaksanaan peran teman sebaya dalam pembentukan kepribadian mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Latar belakang penelitian ini adalah dalam perkembangan kepribadian remaja, lingkungan sangat berpengaruh baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Teman sebaya merupakan lingkungan sosial pertama di mana remaja belajar untuk hidup bersama orang lain yang bukan anggota keluarganya. Teman sebaya merupakan salah satu faktor lingkungan pembentuk kepribadian pada remaja. Hasil penelitian ini adalah peran-peran yang dilakukan teman sebaya dalam pembentukan kepribadian mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam, yaitu; sebagai fasilitator, mediator, motivator. Peran teman sebaya sebagai fasilitator, yaitu; teman sebaya memberikan informasi-informasi yang mengarahkan kepada perilaku yang lebih baik. Teman sebaya memberikan peluang untuk dapat bersosialisasi dengan orang lain. Teman sebaya memberikan perhatian jika remaja mengalami masalah. Peran teman sebaya sebagai mediator teman sebaya memberikan nasehat dan teman sebaya membantu memecahkan masalah. Peran teman sebaya sebagai motivator adalah teman sebaya memberikan dukungan dan semangat. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan peran, yaitu kurangnya pengertian individu terhadap persyaratan-persyaratan bagi peran yang harus ia jalankan, kesengajaan untuk bertindak menyimpang dari persyaratan yang diharapkan, dan ketidakmampuan individu dalam memainkan peran tersebut secara efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Teman Sebaya-Kepribadian
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 09:46
Last Modified: 28 Apr 2016 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum