IMPLEMENTASI POLA PENGASUHAN ANAK PADA SANTRI USIA 7-12 TAHUN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-MUQADDASAH PONOROGO JAWA TIMUR

ALFI ULINNUHA, NIM. 1420410163 (2016) IMPLEMENTASI POLA PENGASUHAN ANAK PADA SANTRI USIA 7-12 TAHUN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-MUQADDASAH PONOROGO JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI POLA PENGASUHAN ANAK PADA SANTRI USIA 7-12 TAHUN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-MUQADDASAH PONOROGO JAWA TIMUR)
1420410163_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI POLA PENGASUHAN ANAK PADA SANTRI USIA 7-12 TAHUN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-MUQADDASAH PONOROGO JAWA TIMUR)
1420410163_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Alfi Ulinnuha. 2016. Implementasi Pola Pengasuhan Anak Pada Santri Usia 7-12 Tahun Dalam Pembentukan Karakter Di Pondok Pesantren Al- Muqaddasah Ponorogo Jawa Timur). Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Anak merupakan aset bangsa yang tidak ternilai harganya, dimana secara alamiah anak tumbuh menjadi besar dan dewasa. Mereka adalah penerus perjuangan bangsa yang akan menerima estafet kepemimpinan kelak di kemudian hari. Sedangkan orangtua merupakan pendidik yang paling utama bagi anak. Orangtua harus senantiasa memberikan hak dan kewajiban yang memang harus diperoleh anak. Dalam rangka pemenuhan hak anak, banyak orangtua yang mempercayakan pengasuhan anak kepada orang lain atau kepada lembaga pendidikan sebagai pengganti fungsi orang tua. Perkembangan pondok pesantren saat ini cukup dinamis sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki masa depan anak di era globalisasi ini. Tetapi pilihan anak untuk masuk ke pondok pesantren menjadi sebuah pertanyaan besar karena tidak semua anak berminat untuk tumbuh dan berkembang di sebuah lingkungan asrama. Karena tidak semua lingkungan asrama memberikan kenyamanan dan keamanan seperti tinggal di rumah sendiri. Pola asuh yang diberikan ketika berada di pondok pesantren juga sangat berbeda dengan pola asuh yang diberikan oleh orang tua. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. teknik pengambilan sampling dengan menggunakan teknik sampling purposive dan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah dengan, observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis isi menurut Milles & Huberman. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Pola pengasuhan anak di pondok Pesantren al-Muqaddasah Ponorogo yaitu semi otoriter dan demokratis dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, reward dan punishment, nasihat dan dialog, metode cerita. 2) Strategi pembentukan karakter di Pondok Pesantren Al-Muqaddasah Ponorogo dengan habituasi (pembiasaan), moral knowing, moral feeling dan loving, moral acting dan keteladanan. Sedangkan penanaman nilai karakternya meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, silaturrahmi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, bertanggung jawab, menghargai prestasi, dan peduli sesama. 3) Permasalahan santri meliputi kedisiplinan, akademis, kesulitan dan berat dalam tugas serta masalah pribadi. Sedangkan masalah yang di hadapi pengasuh karena adanya perbedaan pendapat. 4) Solusi atas permasalahan santri yaitu dengan memberikan hukuman berupa fisik dan non fisik. Solusi atas permasalahan pengasuh diselesaikan dengan cara musyawarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fathonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan Anak, Pembentukan Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:25
Last Modified: 28 Apr 2016 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum