PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRATIF BAHASA ARAB DAN AL-QUR`ĀN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM BATAM

SALIM SAPUTRA, NIM. 1420410182 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRATIF BAHASA ARAB DAN AL-QUR`ĀN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM BATAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRATIF BAHASA ARAB DAN AL-QUR`ĀN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM BATAM)
1420410182_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRATIF BAHASA ARAB DAN AL-QUR`ĀN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM BATAM)
1420410182_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salim Saputra: Pengembangan Bahan Ajar Integratif Bahasa Arab dan al-Qur`ān Untuk Siswa Sekolah Dasar Islam Integral Luqman al-Hakim Batam. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil tahapan pengembangan produk, hasil validasi, serta hasil pengaruh produk yang dikembangkan terhadap hasil pembelajaran siswa. Sehingga dari penelitian ini akan menghasilkan produk berupa buku ajar integratif bahasa Arab dan al-Qur`ān untuk siswa sekolah dasar yang sudah teruji kelayakannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) metode Borg & Gall yang disederhanakan. Hasil tahapan pengembangan bahan ajar dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, tahap studi pendahuluan. Melakukan studi literatur dan studi lapangan guna menganalisis kebutuhan. Kedua, tahap studi pengembangan produk. Sebelum uji coba ke lapangan, produk divalidasi terlebih dahulu oleh para pakar pada bidang materi dan media pembelajaran. Setelah dilakukan perbaikan, maka produk siap dibawa ke lapangan untuk uji coba dalam pembelajaran. Ketiga, tahap evaluasi. Selama proses pembelajaran berlangsung dengan metode eksperimen (one group pretest-posttest), peneliti mencatat temuan-temuan yang terjadi untuk dijadikan evaluasi dan perbaikan jika diperlukan. Adapun hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar integratif yang dikembangkan untuk siswa Sekolah Dasar Islam Integral Luqman al-Hakim – Batam dengan judul: : "تعهيى انهغت انعربيت انتكبيهيت نه بًتدئي انهبدي Penuntun Belajar Bahasa Arab dan al-Qur`ān Yang Menyenangkan" dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab dan al-Qur`ān dengan skor rata-rata komulatif sebesar 4,5 dengan kategori “sangat baik”. Hasil tersebut berasal dari skor rata-rata komulatif penilaian dari ahli materi sebesar 4,2, ahli media sebesar 4,7, guru mata pelajaran bahasa Arab dan juga al-Qur`ān sebesar 4,5 dan siswa sebesar 4,4. Sedangkan hasil pengaruh bahan ajar integratif bahasa Arab dan al-Qur`ān terhadap hasil pembelajaran siswa dapat dibuktikan oleh hasil uji-t sampel berpasangan dengan nilai t = -17,694. Sedangkan t tabel dicari pada α = 0,05 dengan df: n – 1 atau 24 – 1 = 23 maka hasilnya adalah 1,713 dan nilai sig-2 tailed lebih kecil dari pada nilai kritik 0,05, yaitu 0,000 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian bahan ajar integratif bahasa Arab dan al-Qur‟ān untuk siswa Sekolah Dasar Islam Integral Luqman al-Hakim Batam dinyatakan berpengaruh signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab yang diintegrasikan dengan al-Qur‟ān.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Integratif, Bahasa Arab, al-Qur`ān.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:31
Last Modified: 28 Apr 2016 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum