ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI LUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER

ZETTY ARIFAH, SPDI, NIM. 1420410201 (2016) ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI LUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI LUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER)
1420410201_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI LUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER)
1420410201_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

Zetty Arifah, Analisis Buku Al Al’ab Al Lughowiyah Fi Ta’limi Lughoh Al- Ajnabiyah Karya Nasif Mustofa Abdul Aziz Perspektif Multiple Intelligence Howard Gardner. Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pembelajaran bahasa Arab membutuhkan strategi untuk menyampaikan informasi dan permainan yang berperan untuk mengatasi kejenuhan dalam belajar serta permainan dapat membantu tersampainya materi dengan baik. Sukses tidaknya suatu program pengajaran bahasa senantiasa dinilai dari strategi pembelajaran yang digunakan, menentukan tercapainya isi dan cara mengajarkan bahasa. Konsep dasar penelitian ini sebagai strategi pembelajaran bahasa Arab dalam sebuah permainan. Sebagaimana Istilah “permainan” dalam pembelajaran bahasa ini digunakan agar dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dalam kegiatan-kegiatan di kelas, dan memberikan kesan kepada guru dan siswa tentang adanya cara belajar yang menyenangkan dan senantiasa ditunggu-tunggu untuk melatih dan mengembangkan kemampuan semua unsur-unsur kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan dalam buku Al Al’ab Al Lughowiyah untuk dicari komponennya serta disesuaikan dengan teori yang terkait yaitu multiple intelligences howard gardner, untuk mengetahui dan mengembangkan permainan yang terdapat dalam buku Al Al’ab Al Lughowiyah tersebut dengan berbagai tipe kecerdasan siswa yang sesuai dengan teori Gardner. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan menggunakan desain penelitian pustaka dengan menganalisis dengan teori yang terkait dengan data buku yang diteliti serta dengan menggunakan sumber-sumber yang akurat baik itu dari pustaka terdahulu maupun buku referensi dan lain-lain. Buku yang diteliti berbahasa Arab dengan diambil 11 sampel permainan dan diterjemahkan serta dianalisis menggunakan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner. Pokokpokok isi dan sub judul isi dari buku yang diteliti digambarkan serta dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Buku Al Al’ab Al Lughowiyah karya Nasif Mustofa Abdul Azis yang diterbitkan di Riyadh ini berisi tentang xv permainan dalam belajar bahasa arab baik tingkat pemula sampai tingkat lanjutan dengan mencakup keempat maharoh dalam bahasa arab yaitu istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah serta belajar unsur-usnsur bahasa bahkan qowaidnya. Buku ini disertai dengan gambar yang menarik agar mempermudah belajar siswa. Gambar menunjukkan tipe belajar siswa yang visual. Karena visual apa yang dilihat siswa tidak hanya memperoleh materi dengan abstrak tetapi belajar dengan melihat objek yang sebenarnya. Banyak juga di dalamnya terdapat tatacara mengkondisikan kelas dan seputar pembelajaran yang menyenangkan dengan permainan. 2) Bentuk-bentuk permainan dalam buku Al Al’ab Al Lughowiyah sama dengan bentuk permainan dalam strategi pembelajaran bahasa dalam referensi bahasa Indonesia yaitu terdiri dari materi, maharoh, tingkat, durasi, persiapan atau bahan dan langkah-langkahnya, bentuk permainannya mengarah pada strategi yang efektif dalam permainan bahasa dan menyadarkan apa urgensi dan hakikat permainan itu dalam pembelajaran, kapankah waktu yang sesuai untuk menggunakan permainan tersebut dan digunakan dengan seefektif dan seefisien mungkin. 3) Pelaksanaan permainan pembelajaran bahasa Arab dalam buku Al Al’ab Al Lughowiyah terbukti sesuai dengan teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Proses pembelajaran di kelas, guru tidak hanya monoton dalam satu tipe belajar namun menggunakan 8 kecerdasan sesuai yang dicetuskan oleh howard gardner sesuai dengan materi yang diajarkan. Kecerdasan visual dapat dibuktikan dengan adanya banyak gambar, kecerdasan linguistik dibuktikan dengan keempat maharoh sebagai target, kecerdasan logis matematis dengan menggunakan pikiran yang logis serta menghitung dan menggunakan pola berpikir matematis ilmu pasti dan eksak, kecerdasan kinestetik ditunjukkan dengan permainan yang menggunakan asosiasi drama dan gerakan badan seperti “mencari harta karun” dan “kotak kemasan korek api” yang diikat dengan tangan, kecerdasan musikal dengan melodi dan apa yang sering diperdengarkan kepada siswa. Intrapersonal dan interpersonal dengan permainan individu dan kelompok dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Permainan Bahasa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:43
Last Modified: 28 Apr 2016 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum