IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGAWASAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS NEGERI PAKEM KABUPATEN SLEMAN

SITI SUBIYATI, NIM. 1420411022 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGAWASAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS NEGERI PAKEM KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGAWASAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS NEGERI PAKEM KABUPATEN SLEMAN)
1420411022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGAWASAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS NEGERI PAKEM KABUPATEN SLEMAN)
1420411022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dra. Siti Subiyati. NIM 1420411022,“Implementasi Manajemen Pengawasan Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Negeri Pakem Kabupaten Sleman,”dibawah bimbingan Dr. Sabarudin, M.Si Latar belakang permasalahan dilapangan terkait dengan beberapa kinerja guru masih rendah. Oleh karena itu implementasi manajemen pengawasan sangat penting diterapkan di MTs N Pakem untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan implementasi manajemen pengawasan madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Pakem Kabupaten. Sleman, menganalisis hasil peningkatan kinerja guru di MTs Negeri Pakem dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pengawasan madrasah guru di MTs Negeri Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam menganalisa data, secara bertahap penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, selain itu dalam menganalisa bagian kinerja, penelitian menggunakan hasil penilaian kinerja guru (PKG) pada penilaian formatif dan penilaian sumatif tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian: Pertama, implementasi manajemen pengawasan madrasah di MTs Negeri Pakem yang dilakukan pengawas sudah sesuai dengan langkah langkah prosedur meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut serta pelaporan Adapun metode yang digunakan melalui monitoring, kunjungan pengawas ke MTs N Pakem, pembinaan, supervisi manajerial, supervisi akademik dan penilaian kinerja guru. Kedua, Hasil analisis berdasarkan instrument PKG guru MTs N Pakem menunjukkan adanya peningkatan kompetensi, pada semester satu dan dua tahun pelajaran 2014/2015 semester satu 80,5% meningkat menjadi 85,70%, Hal ini menunjukkan bahwa manajemen pengawasan madrasah cukup memberikans sumbangsih yang positif. Ketiga, ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat implementasi manajemen pengawasan madrasah. Beberapa faktor yang mendukung antara lain sertifikat pengawas, motivasi yang tinggi, tanggungjawab yang tinggi, melaksanakan hak dan kewajiban, penguasaan materi, aktif dalam kegiatan Pokjawas dan Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKKM),menguasai kompetensi pengawas, menyusun dan melaksanakan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), memahami Penilaian Kinerja Guru (PKG), Adapun faktor yang menghambat terdiri dari faktor intern dan ekstern. Faktor intern meliputi kurangnya sikap welcome dari warga sekolah, motivasi sangat kurang, pembinaan dari pengawas masih kurang maksimal, keterbatasan kompetensi pengawas, beban pengawas berat, kurang optimal dalam pengawasan, tidak ada tindak lanjut dari pengawas tentang penilaian kinerja guru, sarana prasarana terbatas, kunjungan pengawas minim, Sedangkan faktor eksternal meliputi kebijakan tentang regulasi pengawas yang belum jelas, banyaknya sekolah/ madrasah binaan, jarak madrasah jauh, rekrutmen pengawas, dana yang minim untuk pengawasan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengawasan Madrasah, dan Kinerja guru
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:21
Last Modified: 28 Apr 2016 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum