IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA (PDCI) DENGAN MODEL SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI NGAWI

NUR RAHMI SONIA, SPDI, NIM. 1420411049 (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA (PDCI) DENGAN MODEL SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI NGAWI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA (PDCI) DENGAN MODEL SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI NGAWI)
1420411049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA (PDCI) DENGAN MODEL SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI NGAWI)
1420411049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

NUR RAHMI SONIA, Implementasi Kebijakan Program Peserta Didik Cerdas Istimewa dengan model Sistem Kredit Semester di Madrasah Aliyah Negeri Ngawi. Tesis. Yogyakarta: Program Sudi Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan kualitas pendidikan melalui inovasi yang dilakukan pemerintah sesuai dengan minat, bakat dan kecerdasan siswa. Fenomena kemajemukan peserta didik ini seharusnya terlayani sesuai dengan kebutuhannya. Adanya sistem pengelolaan pembelajaran di Indonesia pada umumnya masih menggunakan sistem paket. Sistem ini kurang aspiratif ketika menghadapi kenyataan bahwa peserta didik pada dasarnya majemuk baik kemampuan, bakat maupun minatnya. Dengan demikian untuk memenuhi pelayanan tersebut maka ditempuh dengan menyelenggarakan program Peserta Didik Cerdas Istimewa dengan model Sistem Kredit Semester. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Madrash Aliyah Negeri Ngawi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian dari makna data tersebut penulis menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Latar belakang implementasi kebijakan program PDCI dengan model SKS di Madrasah Aliyah Negeri Ngawi terbagi menjadi tiga yaitu internal meliputi adanya sarana prasarana serta media pembelajaran yang memadai, guru profesional, kesadaran siswa untuk maju dan berkembang. Eksternal meliputi dukungan dari komite, orang tua siswa, dinas pendidikan serta kementrian Agama. Yuridis meliputi adanya peraturan pemerintah UU Nomor 23 tahun 2003 mengatur pelayanan pendidikan sesuai minat, bakat, dn kecerdasan siswa. (2) Konsep dan implementasi program PDCI dengan model SKS di Madrasah Aliyah Negeri Ngawi tampak pada beberapa kegiatan berikut ini: persiapan, sosialisasi, rekruitmen, pembelajaran dengan pola on/off, beban belajar 306 JP, kegiatan bimbingan akademik secara insidental dan periodik, mekanisme penjurusan berdasar pada hasil raport SMP/MTs serta hasil tes seleksi PPDB, penilaian dalam bentuk autentik. Kriteria kelulusan mata pelajaran dengan hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan minimal 2,66 (B-) dan kompetensi sikap minimal B. (3) Implikasi dari implementasi kebijakan program PDCI dengan model SKS ada dua yaitu implikasi positif dan negatif. Implikasi positif diantarannya: berpeluang menyelesaikan studi lebih cepat, dihargai kemampuannya, program unggulan, terhindar kegiatan negatif, prestasi belajar, kreativitas, serta perubahan sikap bertambah baik, orang tua lebih proaktif, siswa termotivasi untuk belajar lebih giat dan bersaing dengan teman sekelasnya. kedisiplinan, keseriusan dan sungguh-sungguh dalam belajar. Implikasi negatif yaitu kurang dalam kegiatan sosial, interaksi dengan kelas reguler kurang, waktu untuk kegiatan ekstrakurikuler, istirahat, waktu bersama keluarga kurang, apabila pengajaran guru kurang menantang maka siswa akan mengalami prestasi underachiever, acuh tak acuh serta malas belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:36
Last Modified: 28 Apr 2016 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum