IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN SISTEM PRESENSI ONLINE DI MTS HASYIM ASY’ARI BAWANG KABUPATEN BATANG

KHUROTUL AEN, NIM. 1420411155 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN SISTEM PRESENSI ONLINE DI MTS HASYIM ASY’ARI BAWANG KABUPATEN BATANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN SISTEM PRESENSI ONLINE DI MTS HASYIM ASY’ARI BAWANG KABUPATEN BATANG)
1420411155_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN SISTEM PRESENSI ONLINE DI MTS HASYIM ASY’ARI BAWANG KABUPATEN BATANG)
1420411155_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

KHUROTUL AEN, 1420411155. Implementasi Manajemen Kedidiplinan Siswa Dengan Sistem Presensi Online Di MTs Hasyim Asy’ari Bawang Kabupaten Batang. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam MKPI Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Manajemen kedisiplinan siswa sering kali banyak dibahas dalam dunia pendidikan kita, hal ini karena pendidikan adalah untuk membentuk manusiamanusia yang berkualitas. Meskipun begitu pembahasan mengenai manajemen kedisiplinan sering kali mengalami jalan buntu karena faktor kondisi sosial, budaya, agama dan juga zaman yang terus berubah. Oleh karena itu manajemen kedisiplinan juga harus terus berkembang dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi manajemen kedisiplinan siswa dengan sistem presensi online. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dirancang untuk mengumpulkan data dan informasi secara mendalam tentang implementasi manajemen kedisiplinan siswa dengan sistem presensi online di MTs Hasyim Asy’ari Bawang Kabupaten Batang. Kemudia data dikuatkan dengan motode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen kedisiplinan siswa di sekolah ini secara umum menggunakan prinsip keteladanan dan nilainilai ibadah. Prinsip-prinsip tersebutlah yang kemudian membuat penerapan manajemen kedisiplinan siswa dengan sistem presensi online di MTs Hasyim Asy’ari ini mandapatkan hasil yang maksimal, ditandai dengan meningkatnya kesadaran berdisiplin diri. Para siswa tidak hanya rajin menggesek kartu namun lebih pada pemahaman pentingnya masuk tepat waktu. (2) Penerapan manajemen kedisiplinan siswa dengan sistem presensi online di sekolah ini menggunakan jenis barcode dengan sistem gesek. Pelaksanaan presensi dilakukan sebelum masuk kelas dan sesudah pelajaran selesai (3) Hasil Penerapan manajemen kedisiplinan siswa di sekolahan ini efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa masuk kelas dan juga membantu memudahkan pemantauan orang tua terhadap anaknya di sekolah. Kendala penerapan manajemen keddisiplinan dengan sistem presensi online di sekolah ini adalah mesin presensi belum ditambah akibatnya menghambat proses, padahal jika jumlahnya ditambah akan mempercepat proses presensi karena siswa tidak harus antri untuk meng-input data diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kedisiplinan Siswa, Presensi online.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:50
Last Modified: 28 Apr 2016 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20536

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum