PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS SISWA

AUNA FANY NOR, NIM. 12670008 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS SISWA)
12670008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS SISWA)
12670008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap berpikir kritis pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. 2) pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap aktivitas pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Yogyakarta kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok asam basa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ialah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji independent sampel t-test dimana nilai pretest-postest dan data awal-data akhir aktivitas siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing dianalisis dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap berpikir kritis pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,037 < 0,05. 2) terdapat pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap aktivitas pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci: problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match, berpikir kritis, dan aktivitas siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match, berpikir kritis, dan aktivitas siswa
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:38
Last Modified: 02 Jun 2016 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum