Marhumah, Ema (2016) PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) DI MADRASAH SEBAGAI KEHARUSAN ZAMAN. In: Antologi pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar Islam. PGRA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pp. 57-78. ISBN 978-602-72084-45 (In Press)
|
Text (PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) DI MADRASAH SEBAGAI KEHARUSAN ZAMAN)
PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) DI MADRASAH SEBAGAI KEHARUSAN ZAMAN +.pdf - Published Version Download (17MB) | Preview |
Abstract
Pengarusutamaan gender, (yang selanjutnya akan disebut PUG) merupakan salah satu strategi pembangunan yang dilakukan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui pengintegrasian pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan, dan program, proyek dan kegiatan di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan1 • Konsep ini didahului dengan keinginan yang sangat kuat ketika ingin melakukan upaya untuk dapat mengimplementasikan prinsip-prinsip gender mainstreaming di Indonesia maka perlu adanya landasan hukum. Oleh karena itu Presiden Abdurrahman Wahid pada tanggal 19 Desember 2000 mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional. Tindak lanjut dari Inpres terse but adalah penerbitan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah No: 050/1232/SJ tanggal 26 Juni 2001 ten tang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAUD, pendidikan Islam |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Artikel (Terbitan Luar UIN) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 09 May 2016 08:46 |
Last Modified: | 09 May 2016 08:46 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20591 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |