PELUANG PEMBENTUKAN KARAKTER KONSEP DIRI RELIGIUS PESERTA DIDIK DALAM KURIKULUM 2013 (Tinjauan Sosiologi Pendidikan Islam)

SUBIYANTORO, - (2016) PELUANG PEMBENTUKAN KARAKTER KONSEP DIRI RELIGIUS PESERTA DIDIK DALAM KURIKULUM 2013 (Tinjauan Sosiologi Pendidikan Islam). In: Reaktualisasi dan Refleksi Kurikulum 2013 Prosiding Seminar Nasional. Proceeding, Vol. 1 (No. 1). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta, pp. 386-401. ISBN 978-979-1921-02-7 (In Press)

[img]
Preview
Text (PELUANG PEMBENTUKAN KARAKTER KONSEP DIRI RELIGIUS PESERTA DIDIK DALAM KURIKULUM 2013 (Tinjauan Sosiologi Pendidikan Islam))
PELUANG PEMBENTUKAN KARAKTER - subiyantoro.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Tujuan pendidikan tersebut secara eksplisit mengisyaratkan bahwa, pendidikan berkewajiban memajukan dan mengembangkan tiga matra yaitu kecerdasan, kepribadian dan ketrampilan peserta didik. Dengan demikian keberhasilan suatu proses pendidikan sangat tergantung pada berkembangnya kecerdasan, kepribadian dan keterampilan tersebut dapat dicapai secara bersama-sama (Ditjen Dikdasmen Depdiknas, 2002: 1). Kecerdasan dibangun melalui eksplorasi keilmuan; kepribadian terbina melalui pengalaman belajar yang membentuk konsep diri sebagai manusia beriman, yang terwujud dalam sifat dan sikap bertaqwa serta berakhlak mulia. Salah satu pengalaman yang langsung dirasakan oleh peserta didik di kelas atau di sekolah adalah interaksinya dengan guru.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Karakter, konsep diri, religiusitas, kurikulum 2013, sosiologi, pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 May 2016 13:43
Last Modified: 09 May 2016 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum