PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTS AL-AZHAR TUWEL BOJONG TEGAL

MOKHAMAD WILDAN, NIM. 09470023 (2016) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTS AL-AZHAR TUWEL BOJONG TEGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTS AL-AZHAR TUWEL BOJONG TEGAL)
09470023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTS AL-AZHAR TUWEL BOJONG TEGAL)
09470023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (813kB)

Abstract

Latar belakang penelitian yang membuat menarik penelitian ini adalah 1) Remaja adalah masa transisi dari anak menuju ke dewasa yang dirinya masih labil, jadi perlu bimbingan untuk membentuk kepribadian muslim didalam dirinya. 2) Sebagian remaja saat ini belajar di MTs Al-Azhar, yang mana mereka juga masih memiliki jiwa yang labil sehingga mereka banyak yang melanggar tata tertib MTs Al-Azhar sehingga hal ini jauh dari kriteria kepribadian muslim oleh karena itu perlulah bimbingan konseling dihadirkan dalam membentuk kepribadian muslim pada diri peserta didik.3) guru yang harus berperan dalam hal ini adalah guru bimbingan dan konseling. 4) guru bimbingan konseling disana kurang memenuhi, karena hanya ada dua guru bimbingan konseling. 5) MTs Al- Azhar sebagai madrasah yang memiliki komitmen tinggi untuk membentuk kepribadian muslim. Tujuan penelitian ini Untuk: 1) mengetahui peran guru Bimbingan Konseling dalam upaya membentuk kepribadian muslim siswa di Mts Al-azhar Bojong Tegal. 2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru bimbingan Konseling dalam upaya membentuk kepribadian muslim siswa di Mts Al-Azhar Bojong. 3) mengetahui hasil yang diperoleh guru BK dalam membentuk Kepribadian Muslim siswa di Mts Al-Azhar Bojong Tegal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berupa study lapangan. Penelitian ini berlokasi di MTs Al-Azhar Tuwel Bojong Tegal. Teknik pengumpulan data ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dan triangulasi sebagai validasi data yang didapat penulis. Hasil penelitian ini adalah: 1)Peran guru BK dalam membentuk kepribadian siswa di MTs Al-Azhar terdiri dari tiga peran, yaitu peran sebagai pembimbing, penanggung jawab dalam segala program bimbingan konseling dan sebagai motivator. 2)Hasil yang terlihat selama pelaksanaan program-program bimbingan konseling oleh guru bimbingan konseling dan disertai guru-guru yang lainnya adalah banyaknya kemajuan yang terlihat, yaitu para siswa tidak melanggar tata tertib sekolah, memiliki kesadaran belajar yang tinggi, dan memiliki motivasi yang berasal dari diri sendiri yang cukup besar, baik dalam hal belajar maupun dengan hal keagamaan atau dalam kegiatan beribadah. 3) Faktor penghambat guru BK dalam membentuk kepribadian siswa di MTs Al-Azhar Bojong Tegal adalah keterpengaruhan peserta didik terhadap perkembangan teknologi dan informasi, kurang perhatian orang tua, dan lingkungan yang tidak baik, adapun factor pendukungnya adalah keterlibatan para guru untuk bekerjasama dalam membimbing para siswa untuk terus maju dan memiliki semangat dalam meraih pengetahuan dan melaksanakan ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. MANGUN BUDIYANTO,
Uncontrolled Keywords: MTs Al-Azhar, Guru Bimbingan dan Konseling, Kepribadian
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 May 2016 13:21
Last Modified: 12 May 2016 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum