PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK REMAJA DALAM ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN YUSUF MADANI)

SAEFUL AMRI, NIM. 09470121 (2016) PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK REMAJA DALAM ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN YUSUF MADANI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
09470121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Perkembangan media elektronik yang semakin maju membuat remaja seakan kecanduan dengan media tersebut, hal lain yaitu kurangnya perhatiaan dari orang tua serta salahnya pergaulan membuat remaja dapat terjerumus kedalam perilaku seksual menyimpang atau hal)
09470121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan media elektronik yang semakin maju membuat remaja seakan kecanduan dengan media tersebut, hal lain yaitu kurangnya perhatiaan dari orang tua serta salahnya pergaulan membuat remaja dapat terjerumus kedalam perilaku seksual menyimpang atau hal-hal negative lainnya. Berangkat dari masalah tersebut, peneliti mencoba mengkaji pemikiran Yusuf Madani tentang pendidikan seks bagi remaja dalam Islam. Dari latar belakang tersebut, peneliti mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah dasar pendidikan seks bagi remaja dalam Islam? (2) bagaimanakah konsep pendidikan seks bagi remaja dalam Islam menurut Yusuf Madani? (3) faktor apa sajakah yang mempengaruhi perilaku seks menurut Yusuf Madani? (4) bagaimanakah langkah-langkah dalam mencegah perilaku seks menyimpang pada anak remaja menurut Yusuf Madani? Penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (Library Research), dan pengumpulan data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan metode dokumentasi. Selajutnya data tersebut peneliti analisis dengan metode Content Analysis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) dilakukannya pendidikan seks dalam Islam berdasarkan pada (a) Al-Qur’an yang tertuang dalam: Q.S. An-Nur 58 berisi waktu dilarangnya memasuki kamar seseorang yakni sebelum subuh, siang hari, dan setelah Isya’, Q.S. Al-Isra’ 3 larangan mendekati zina, Q.S. Al-Mukminun 5-7 mengenai perintah menutup aurat. (b) Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud yang menerangkan batasan usia dalam memisahkan tempat tidur anak. (c) pendapat ulama dalam kitab Quratul ‘Uyun karangan Syeikh Muhammad At-Tihami dan kitab Tarbiyyah Al-‘Aulad Fi Al-Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan. (2) konsep pendidikan seks remaja dalam Islam menurut Yusuf Madani adalah meyiapkan dan membekali anak dengan pengetahuan tentang masalah seksual. (3) faktor yang mempengaruhi perilaku seks menyimpang terdiri dari faktor keluarga (internal) dan faktor lingkungan (eksternal). (4) metode pencegahan perilaku seks menyimpang menurut Yusuf Madani diantaranya dengan pernikahan, menjaga kesucian diri dan selalu ingat kepada allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. MANGUN BUDIYANTO, M.S.I
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 May 2016 14:51
Last Modified: 12 May 2016 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum