ANALISIS KOMPETENSI TENAGA TATA USAHA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

WENNY FITRIA AZIZAH, NIM. 11470043 (2016) ANALISIS KOMPETENSI TENAGA TATA USAHA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPETENSI TENAGA TATA USAHA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA)
11470043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPETENSI TENAGA TATA USAHA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA)
11470043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis untuk mengetahui kompetensi teanaga tata usaha sekolah di SMP Negeri 4 Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas administrasi sekolah. karena sebelumnya kinerja tenaga tata usaha belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kompetensi yang dimiliki oleh tenaga tata usaha sekolah di SMP Negeri 4 Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas administrasi sekolah, serta faktor pendukung dan penghambat tenaga tata usaha untuk meningkatkan kualitas administrasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif yang menggunakan obyek penelitian dari garis besar latar belakang historis SMP N 4 yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai wawancara dengan beberapa narasumber, kemudian dengan observasi, dan pengumpulan beberapa artikel dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kompetensi yang ada dalam tenaga tata usaha di SMP N 4 Yogyakarta sudah sesuai dengan standar kompetensi tenaga tata usaha yang ada dalam Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No. 24 tahun 2008 yang berisi tentang kompetensi kepribadian, sosial, tekhnis, dan menejerial. 2. Upaya tenaga tata usaha untuk meningkatkan kualitas administrasi sekolah di SMP Negeri 4 Yogyakarta adalah dengan a. tidak menunda pekerjaan yang sudah diberikan kepada masing-masing bagian, b. memaksimalkan dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap guru, karyawan dan peserta didik, c. menjalin hubungan kerjasama dengan pemerintah dan lembaga lembaga masyarakat, d. menjaga dan memelihara barang-barang dan alat-alat inventaris sekolah. d. memanage anggaran atau dana dari pemerintah sesuai dengan skala kebutuhan, e. melakukan studi banding ke sekolah lain yang lebih maju, f. melengkapi sarana prasarana. 3. Faktor pendukung: terciptanya kerjasama yang baik antar staf atau karyawan, Saling membantu pekerjaan antar staf, Saling menciptakan suasana kerja yang harmonis antar karyawan, Saling menghargai dan memahami karakter masing-masing staf atau karyawan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Kurangnya sumber daya manusia dalam melaksanakan pekerjaan sesuai bidang masing-masing, dan Kurangnya keahlian staf dalam mengoperasikan komputer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. MISBAH ULMUNIR, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Tata Usaha, Administrasi Sekolah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2016 09:43
Last Modified: 13 May 2016 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum