FILSAFAT TARBIYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRAKTIK PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN

Moh. SOBAKHUL MUBAROK, NIM. 11470079 (2016) FILSAFAT TARBIYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRAKTIK PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FILSAFAT TARBIYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRAKTIK PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN)
11470079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FILSAFAT TARBIYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRAKTIK PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN)
11470079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abdul Munir Mulkhan gelisah ketika model modernisasi pendidikan Islam belum dikembangkan secara konseptual. Akibatnya sekolah-sekolah Islam terperangkap sebagai peniru praktik pendidikan nasional. Praktik pendidikan Islam, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi negeri / swasta semestinya bersumber dari ilmu dan teknologi pendidikan Islam. Berangkat dari masalah ini, peneliti mencoba mengkaji pemikiran Abdul Munir Mulkhan terkait dengan rekonstruksi filsafat tarbiyah yang dalam hal ini bisa menjadi solusi transformatif terhadap permasalahan tersebut. Dari latar belakang tersebut, peneliti mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep pemikiran filsafat tarbiyah menurut Abdul Munir Mulkhan? (2) Bagaimana implikasi filsafat tarbiyah Abdul Munir Mulkhan terhadap pendidikan Islam? Penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (Library Research). Pengumpulan data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Selajutnya data tersebut peneliti analisis dengan metode Content Analysis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) memahami strukur konsep pemikiran filsafat tarbiyah Abdul Munir Mulkhan yang berorientasi pada kecerdasan makrifat. Dalam hal ini dapat dimaknai sebagai kajian filosofis mengenai problematika pendidikan Islam yang didasari oleh sistem kesadaran ketuhanan. Sehingga pendidikan Islam berbasis kecerdasan makrifat ini lebih menekankan pada dimensi kesadaran ketuhanan. (2) Implikasi pemikiran filsafat tarbiyah terhadap praktik pendidikan Islam, antara lain: (a) Implikasi terhadap tujuan pendidikan Islam. Pendidikan Islam lebih mampu mengantarkan peserta didik sampai menuju terbentuknya manusia yang seutuhnya (insan kamil) sesuai dengan norma Islam. (b) Implikasi terhadap proses pembelajaran. Dalam hal ini metode pendidikan sufistik menurut Abdul Munir Mulkhan akan lebih mengarahkan proses pembelajaran dan penciptaan situasi belajar ketuhanan. (c) Implikasi terhadap Guru. Guru (Pendidik) lebih menyadari peran, kewajiban, dan tanggung jawabnya terhadap dirinya sendiri, Tuhan, dan peserta didik (d) Implikasi terhadap peserta didik. Dalam hal ni akan mempermudah proses pengayaan pengalaman ketuhanan (iman), ritual (ibadah), dan akhlak, anak didik, bukan hanya dalam bidang keilmuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ZAINAL ARIFIN, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Filsafat Tarbiyah, Abdul Munir Mulkhan, makrifat.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2016 11:17
Last Modified: 13 May 2016 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum