ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SEKSA PATANI, THAILAND SELATAN

MISS KALLAYA TA YEH, NIM. 11470084 (2016) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SEKSA PATANI, THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SEKSA PATANI, THAILAND SELATAN)
11470084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SEKSA PATANI, THAILAND SELATAN)
11470084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang analisis kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam dalam proses pembelajaran di sekolah Songserm Islam Seksa. Fukus penelitian ini diantaranya: pertama, Bagaimana usaha kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Songserm Islam Seksa Patani, Thailand Selatan. Kedua, Bagaimanakah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Songserm Islam Seksa Patani, Thailand Selatan. Ketiga, Apakah hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Songserm Islam Seksa Patani, Thailand Selatan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di Patani. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawacara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yakni reduksi data, display data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, dampak konflik terhadap sistem pendidikan agama Islam di Sekolah Songserm Islam Seksa (SSIS) yaitu: (1) dikurangi jam belajar, (2) prestasi belajar siswa menurun, (3) kinerja guru menurun, (4) perubahan sistem pendidikan sekolah selalu berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam rangka resolusi konflik, (5) sekolah harus libur secara mendadak ketika terjadi konflik. Kedua, dampak resolusi konflik terhadap sistem pendidikan agama Islam di Sekolah Songserm Islam Seksa (SSIS) yaitu: (1) meningkatkan kualitas kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah agama Islam swasta, (2) membangunkan semangat guru dalam proses pembelajaran di sekolah agama Islam swasta, (3) membuat kesiapan mengajar guru di sekolah agama Islam swasta, (4) membangunkan semangat siswa dalam proses pembelajaran di sekolah agama Islam swasta, (5) menciptakan suasana yang aman, damai dan sejahtera di sekolah agama Islam swasta. Pada hal tersebut akan terdampak positif dan negatif terhadap sistem pendidikan agama Islam di Sekolah Songserm Islam Seksa (SSIS). Ketiga, faktor yang mempengaruhi konflik di Patani yaitu: (1) tidak adanya keadilan dari pihak pemerintah, (2) tidak adanya kesempatan bagi masyarakat Patani, (3) tidak adanya pendekatan dengan cara terus menerus, (4) tidak adanya kepercayaan, (5) sejarah Keempat, resolusi konflik di Patani yaitu: (1) pemerintah harus melakukan adil terhadap masyarakat di Patani, (2) harus adanya kesempatan bagi masyarakat di Patani, (3) harus adanya pendekatan dengan cara terus menerus, (4) harus adanya kepercayaan antara pemerintah terhadap masyarakat di Patani, (5) masyarakat di Patani harus dapat menerima sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. IMAM MACHALI,
Uncontrolled Keywords: Konflik, Resolusi Konflik, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2016 13:28
Last Modified: 13 May 2016 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum