PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL (FDS) DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

ROFITA, S.Pd.I, 1420421034 (2016) PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL (FDS) DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL (FDS) DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
1420421034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL (FDS) DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
1420421034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan banyaknya waktu luang yang dimiliki anak sepulang sekolah, pergaulan yang semakin bebas, dan kesibukan para orang tua sehingga kurang memperhatikan anaknya. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan formal yang dapat dijadikan wadah bagi anak agar mampu belajar tanpa kehilangan waktu bermainnya. Sekolah sistem full day school merupakan sekolah yang menerapkan sistem belajar sehari penuh yaitu memulai kegiatan pada pukul 07.00 dan berakhir pukul 15.00. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang sistem pembelajaran full day school di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Mengapa SDIT Salsabila 3 Banguntapan menerapkan system pembelajaran full day school, bagaimana sistem pembelajaran di SDIT Saliabila 3 Banguntapan, bagaimana keberhasilan dalam penerapan sistem full day school di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan dan merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SDIT Salsabila 3 Banguntapan menerapkan sistem pembelajaran full day school karena dibutuhkan rentang waktu yang lebih panjang untuk dapat mengintegrasikan lima pendekatan: pembelajaran yang berpusat pada nilai Islam (Tauhid), pengembangan multi-kecerdasan, belajar dari praktik langsung dan memaknai semua peristiwa sebagai ilmu, proses pembiasaan bagi terbentuknya karakter yang padu, dan proses keteladanan; SDIT Salsabila 3 Banguntapan sudah menerapkan komponen-komponen sistem pembelajaran dengan baik seperti guru yang berkompeten pada bidangnya, tujuan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa, materi yang mengacu pada tiga ranah pengembangan siswa, mengupayakan penggunaan alat pembelajaran secara maksimal, mengupayakan penerapan strategi dan metode pembelajaran sesuai dengan usia perkembangan anak, dan mengevaluasinya; keberhasilan penerapan sistem pembelajaran full day school dapat terlihat dari hasil pembelajaran baik pada rana kognitif, afektif, maupun ranah psikomotoriknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: sistem pembelajaran dan full day school.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 May 2016 14:38
Last Modified: 13 May 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20657

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum