PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN BANTUL YOGYAKARTA T.A 2015/2016I

NOORAIDA, NIM. 11470089 (2016) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN BANTUL YOGYAKARTA T.A 2015/2016I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN BANTUL YOGYAKARTA T.A 2015/2016I)
11470089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN BANTUL YOGYAKARTA T.A 2015/2016I)
11470089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kedisiplinan siswa, peran guru bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan siswa serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Pembangunan Bantul Yoyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research (Penelitian Lapangan) yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah guru BK, siswa kelas VIII serta wali kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Pembangunan Bantul Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah peran guru BK serta informasi, strategi dan program bimbingan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII. Alat pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran guru BK terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Pembangunan adalah dengan: (a) membimbing dan mengarahkan para siswanya untuk mengenali dirinya sendiri, terkait minat dan potensi apa yang dimiliki para siswa tersebut (b) memberikan informasi dan arahan tentang berbagai macam kedisiplinan yang harus dijalankan oleh siswa (c) memberikan motivasi kepada siswa yang kurang maksimal dalam belajar hingga siswa mampu belajar dengan sendirinya. (2) Program bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa sangat membantu siswa dalam belajar. (3) Hasil dari bimbingan disiplin belajar yang diberikan dapat dilihat dari siswa SMP Pembangunan yang berhasil ketika mengikuti lomba-lomba di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. NA’IMAH, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan Belajar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 May 2016 09:23
Last Modified: 16 May 2016 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum