PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII

ALI LUBIS ZAENINUR, NIM. 08690068 (2016) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII)
08690068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII)
08690068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Menghasilkan modul IPA berbasis integrasiinterkoneksi pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII 2) Mengetahui kualitas modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII 3) Mengetahui respon siswa terhadap modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah utama yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan pada tahap uji coba skala kecil. Instumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian kualitas modul IPA berbasis integrasiinterkoneksi untuk ahli materi, ahli media, ahli integrasi-interkoneksi, dan guru IPA SMP/MTs yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalm bentuk checklist. Instrumen lembar respon siswa untuk siswa SMP/MTs yaitu menggunakan skala Guttman yang dibuat dalm bentuk checklist. Hasil penelitian yang telah dikembangkan yaitu, modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Kualitas modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi yang dikembangkan menurut tim penilai memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan nilai rata-rata dari masingmasing penilai adalah: ahli materi 3,80 (SB), ahli media 3,19 (B), ahli intgrasiinterkoneksi 3,67 (SB), dan Guru IPA SMP/MTs 3,44 (SB). Respon siswa terhadap modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi memiliki kategori Setuju (S) dengan nilai sebesar 0,96 pada uji coba skala kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi yang dikembangkan dapat menjadi bahan ajar untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII. Kata Kunci: Modul IPA, Integrasi-interkoneksi, Cahaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, Integrasi-interkoneksi, Cahaya
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jun 2016 09:27
Last Modified: 07 Jun 2016 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20666

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum