UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALASAN YOGYAKARTA

UMI ZAINAF, NIM. 11470160 (2016) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALASAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALASAN YOGYAKARTA)
11470160_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALASAN YOGYAKARTA)
11470160_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (978kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari permasalahan kedisiplinan di SMK Muhammadiyah 1 Kalasan yang merupakan sekolah pelayaran dengan corak kependidikan militer. Sehingga kedisiplinan merupakan ciri utama dari sekolah tersebut. Untuk menanamkan kedisiplinan kepada siswa tidak terlepas dari upaya yang dilakukan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Yogyakarta, upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, serta hasil penananman nilai-nilai kedisiplinan di SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang penelitian lapangannya (field research) dilaksanakan dengan mengambil latar belakang SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan dari pengumpulan data yang kemudian direduksi data, selanjutnya penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang sering melanggar peraturan dan tata tertib merupakan siswa tingkat pertama. Dibuktikan dengan catatan ketertiban yang dilakukan setiap apel pagi dan siang. Keterlambatan siswa merupakan pelanggaran yang sering terjadi. Upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan antara lain membuat peraturan dan tata tertib sekolah, menerapkan kedisiplinan melalui pembiasaan, tanggung jawab, membentuk struktur ketarunaan, serta mengintruksikan kepada para guru dan pegawai lainnya juga ikut serta berperan. Faktor pendukung adalah kerjasama antar personil sekolah, pakaian seragam dan perlengkapannya, adanya bimbingan dari TNI dan Polisi. Faktor penghambat adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai dan kepemimpinan kepala sekolah dan guru yang otoriter. Terbukti di semester gasal bulan Agustus 2015 sebanyak 4,6 % siswa datang terlambat ke sekolah, 3,6 % tidak melengkapi atribut dan 0,7 % bolos sekolah. Pada semester genap bulan Februari 2016 siswa yang datang terlambat sebanyak 1,4 %, yang tidak melengkapi atribut sebanyak 1,1 % dan 0,1 % yang bolos sekolah serta mampu meminimalisir terjadinya pelanggaran siswa saat proses belajar mengajar dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. IMAM MACHALI, M. Pd
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah dan kedisiplin
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 May 2016 11:23
Last Modified: 16 May 2016 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum