IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA

FATRA MARISKA ULFAH, NIM. 12490015 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)
12490015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)
12490015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang mengenai ketidak sesuaian beberapa kompetensi pegawai dengan jabatan fungsional atau pekerjaan yang dikerjakan saat ini. Sebagaimana mestinya peranan sumber daya manusia merupakan hal penting sebagai penunjang keberhasilan dalam mencapai tujuan organisasi. Produktivitas organisasi juga ditentukan oleh sumber daya manusianya. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas serta mempunyai kompetensi yang baik dalam bidangnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif yang digunakan oleh peneliti yakni adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan 10 informan yang berada di lokasi penelitian. Objek penelitian dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Validasi data skripsi ini menggunakan triangulasi data yaitu pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dalam pengembangan SDM nya, para pegawai mendapatkan pelatihan berupa pelatihan intern yakni dalam bentuk pelatihan Zona Integritas yang diadakan guna menghindarkan pegawai dari adanya KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) baik dalam bentuk barang ataupun uang, serta diadakan pelatihan Persuratan atau Administrasi, dan pelatihan IT, sehingga para pegawai menjadi lebih efisien dalam menjalankan pekerjaannya, serta para pegawai mengikuti dan memenangkan berbagai macam lomba sebagai bentuk penyegaran terhadap rutinitas yang dikerjakan oleh para pegawai, sehingga pegawai menjadi lebih semangat dalam mengerjakan pekerjaan selanjutnya, serta adanya reward dan punishment yang bisa digunakan dalam lelang jabatan. Serta pemberian kompensasi dalam bentuk gaji, jaminan kesehatan, tunjangan makan, tunjangan hari raya dan lain sebagainya, sebagai bentuk balas jasa atas apa yang sudah dikontribusikan kepada organisasi. Hal tersebut merupakan beberapa upaya Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta dalam meningkatkan produktivitas para pegawainya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. MISBAH ULMUNIR, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM, Produktivitas, Kantor Kementerian Agama Kota
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 May 2016 13:32
Last Modified: 16 May 2016 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum