MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (TUTOR) DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMACENDEKIA YAYASAN SILATURAHMI PENCINTAANAK (SPA) YOGYAKARTA

SITI NGAZIZAH, NIM. 12490036 (2016) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (TUTOR) DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMACENDEKIA YAYASAN SILATURAHMI PENCINTAANAK (SPA) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (TUTOR) DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMACENDEKIA YAYASAN SILATURAHMI PENCINTAANAK (SPA) YOGYAKARTA)
12490036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (TUTOR) DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMACENDEKIA YAYASAN SILATURAHMI PENCINTAANAK (SPA) YOGYAKARTA)
12490036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari krisis pengajar (ustadz) yang dialami oleh instansi Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) di wilayah Kabupaten Sleman Yogyakarta. Oleh karena itu peneliti mencari model lembaga bimbingan belajar yang mengoordinir tutor untuk kemudian disalurkan ke lembaga TPQ yang ada di wilayah sekitarnya. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah agar para pembaca mampu mengetahui potensi Sumber Daya Manusia (SDM) bisa diberdayakan dan mampu membawa keuntungan bagi dirinya, lembaga, dan orang sekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Lembaga Bimbingan Belajar PrimaCendekia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi akan diuji kebenarannya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sistem penyelenggaraan pembelajaran TPQ di lembaga PrimaCendekia dilakukan dengan sistem privat dan klasikal; 2) Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di PrimaCendekia merupakan kegiatan mengoordinir tutor melalui tahap rekrutmen, seleksi, pelatihan, memberi penghargaan (kompensasi), penilaian (evaluasi), dan motivasi; 3) hasil dari Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Bimbingan belajar PrimaCendekia terhadap penyelenggaraan pembelajaran TPQ dapat dilihat dari keberhasilan lembaga membentuk tutor yang profesional, sehingga proses pembelajaran TPQ berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI NGAZIZAH NIM: 12490036
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM, TPQ, PrimaCendekia
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 May 2016 13:55
Last Modified: 16 May 2016 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum