SINTESIS POLIEUGENOL DENGAN INISIATOR H2SO4 DARI MINYAK KAYU MANIS (CINNAMOMUM ZEYLANICUM BL.)

BAGUS WIBAWA BUDIRAHARJA, NIM. 10630040 (2016) SINTESIS POLIEUGENOL DENGAN INISIATOR H2SO4 DARI MINYAK KAYU MANIS (CINNAMOMUM ZEYLANICUM BL.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINTESIS POLIEUGENOL DENGAN INISIATOR H2SO4 DARI MINYAK KAYU MANIS (CINNAMOMUM ZEYLANICUM BL.))
10630040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SINTESIS POLIEUGENOL DENGAN INISIATOR H2SO4 DARI MINYAK KAYU MANIS (CINNAMOMUM ZEYLANICUM BL.))
10630040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

murah karena diekspor dalam bahan mentah. Pengolahan diperlukan untuk meningkatkan nilai jual kayu manis. Kayu manis (Cinnamomum zeylanicum Bl.) memiliki kandungan utama eugenol, sehingga dapat dimanfaatkan untuk sintesis polieugenol. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis polieugenol dari minyak kayu manis (C. zeylanicum Bl.). Penelitian dilakukan dengan mengisolasi eugenol dari minyak kayu manis (C. zeylanicum Bl.) dengan natrium hidroksida dan asam klorida dengan cara ekstraksi. Pengujian eugenol digunakan Fourier Transform Infra Red (FT-IR) dan Kromatografi gas (KG). Eugenol yang diperoleh dipolimerisasi adisi kationik mengunakan inisiator asam sulfat pekat dan metanol sebagai penghenti reaksi. Pengujian polieugenol meliputi kelarutan, titik leleh, uji instrumen Fourier Transform Infra Red (FT-IR), dan berat molekul menggunakan viskometer Ostwald. Penelitian berhasil dilakukan dengan memperoleh hasil isolasi eugenol 20,0874 mL berwarna kuning kecoklatan dengan konsentrasi 92,48%. Polimerisasi polieugenol menghasilkan 0,2725 gram, berbentuk padatan berwarna coklat keunguan. Rendemen 4,69% dan titik leleh 89-92oC, larut dalam aseton, etanol, benzena, kloroform, dan tidak larut dalam air. Berat molekul polieugenol 517.726 g mol-1 dan derajat pengulangan (n) 3153.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kayu manis, Cinnamomum zeylanicum Bl., Eugenol, Polieugenol, Kromatografi gas, Spektroskopi FT-IR
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 May 2016 10:29
Last Modified: 17 May 2016 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum