PENENTUAN PORTOFOLIO OPTIMUM SAHAM SYARIAH DENGAN PENDEKATAN SHARIAH COMPLIANT ASSET PRICING MODEL (SCAPM) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PASAR MODAL SYARIAH

SHOFIA MAUIZOTUN HASANAH, NIM. 1420310034 (2016) PENENTUAN PORTOFOLIO OPTIMUM SAHAM SYARIAH DENGAN PENDEKATAN SHARIAH COMPLIANT ASSET PRICING MODEL (SCAPM) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PASAR MODAL SYARIAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN PORTOFOLIO OPTIMUM SAHAM SYARIAH DENGAN PENDEKATAN SHARIAH COMPLIANT ASSET PRICING MODEL (SCAPM) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PASAR MODAL SYARIAH)
1420310034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN PORTOFOLIO OPTIMUM SAHAM SYARIAH DENGAN PENDEKATAN SHARIAH COMPLIANT ASSET PRICING MODEL (SCAPM) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PASAR MODAL SYARIAH)
1420310034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Shariah Compliant Asset Pricing Model (SCAPM) merupakan modifikasi dari model Capital Asset Pricing Model (CAPM). SCAPM menganalisis nominal terdiri dari dua hal (1) adalah riil dan (2) biaya inflasi. Riil mewakili nilai waktu dari uang dan riil yang dihilangkan dalam model SCAPM dan hanya menggunkan biaya inflasi. Salah satu asumsi dasar dari CAPM adalah tidak terjadinya inflasi maka pada penelitian ini, peneliti tidak menggunakan biaya inflasi tetapi mengganti biaya inflasi tersebut dengan tingkat imbalan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yang mempelajari tentang teori-teori analisis portofolio optimal yang diterapkan pada perdagangan saham-saham, terutama pada saham-saham Jakarta Islamic Indeks. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 26 saham yang konsisten masuk selama periode penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah MatLab R2010a. Hasil dalam penelitian cukup menarik karena teori portofolio Markowitz yang menunjukkan bahwa ketika seorang menambahkan suatu aset ke dalam portofolio investasinya maka total risiko dari portofolio tersebut akan berkurang namun ekspektasi return-nya tetap sebesar rata-rata tertimbang dari ekspektasi dari return masing-masing aset yang ada di portofolio tidak terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh setiap risiko portofolio yang lebih besar dibandingkan risiko sekuritasnya yaitu portofolio pertama terdiri dari saham INDF, AKRA, PGAS dan CPIN sebesar 0,0252%. Portofolio kedua terdiri dari saham HRUM sebesar 0,0075% dan portofolio ketiga terdiri dari saham EXCL sebesar 0,8501%. Tidak terbuktinya terbuktinya teori portofolio Markowitz dalam penelitian ini dijelaskan juga melalui beta pasar (tabel 5) sebagai pengukur risiko sistematis, yang mana risiko sistematis merupakan risiko yang tidak dapat didiversifikasikan. Risiko ini terjadi karena kejadian-kejadian di luar kegiatan perusahaan, seperti inflasi, resesi dan lain sebagainya. Investor yang cenderung menginginkan keuntungan yang tinggi maka para investor disarankan memilih kelompok portofolio kedua, dengan tingkat pengembalian 0,176722%. Bagi para investor yang cenderung menyukai risiko yang besar dalam investasi maka disarankan memilih kelompok portofolio pertama dengan besar risiko 0,8501%. Sedangkan para investor yang cenderung menginginkan suatu pengembalian yang tinggi dengan risiko yang rendah maka akan disarankan memilih kelompok portofolio kedua karena kelompok portfolio tersebut masuk dalam kategori high return but low risk, dengan tingkat pengembalian 0,176722% dengan tingkat risiko sebesar 0,0075%. Kata Kunci: Risk dan Return, Shariah Compliant Asset Pricing Model (SCAPM), Capital Asset Pricing Model (CAPM), Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. M. Fakhri Husein, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Risk dan Return, Shariah Compliant Asset Pricing Model (SCAPM), Capital Asset Pricing Model (CAPM), Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS)
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:34
Last Modified: 02 Jun 2016 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum