PENANGANAN JAMINAN DALAM PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM)

RESI ATNA SARI SIREGAR, NIM. 1420310072 (2016) PENANGANAN JAMINAN DALAM PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANGANAN JAMINAN DALAM PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM))
1420310072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANGANAN JAMINAN DALAM PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM))
1420310072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (761kB)

Abstract

Bisnis atau perdagangan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan ekonomi individu maupun masyarakat, maka Islam menuntut orang yang berprofesi di bidang ini untuk mematuhi etika perdagangan dalam Islam. Dalam etika itu antara lain Islam mengutuk keras orang yang melakukan kecurangan dalam berbisnis, karena praktek yang penuh kecurangan akan menimbulkan kerugian dan kezaliman kepada orang lain dan hal ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam. Lembaga BMT telah menjadi lembaga keuangan rakyat, karena keberadaannya memudahkan aktifitas ekonomi masyarakat kecil hingga menengah. Dalam menjalankan fungsi pembiayaan (financing), BMT harus mengaplikasikan prinsip kepercayaan (fiduciary principle) dan prinsip kehati-hatian (frudential principle) untuk menghindari implikasi ketidakpastian dan tindakan wanprestasi salah satu pihak, di antara aplikasi dari prinsip kehati-hatiannya adalah dengan memperoleh jaminan pada produk pembiayaan dan prinsip mengenal nasabah. Salah satu BMT yang terdapat di Yogyakarta adalah BMT Beringharjo, ada beberapa kasus etikat tidak baik dari nasabah yang memberikan jaminan dalam produk pembiayaan di BMT Beringharjo Yogyakarta. Beberapa kasus tersebut diantaranya adalah menjaminkan barang jaminan yang sudah dijaminkan kemudian orangnya melarikan diri, pemalsuan tanda tangan, dan seorang yang menjaminkan kios pasar kemudian harga kios pasarnya ditinggikan. Kemudian ada lagi seorang nasabah yang memberikan jaminan berupa “cek kosong”. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian normatif yang artinya hasil dari data primer dianalisis menggunakan Etika Bisnis dalam perspektif Islam khususnya pemikiran Al-Ghazali. Tahapan yang dilakukan oleh BMT Beringharjo dalam penanganan jaminan dalam pembiayaan bermasalah adalah dengan pendekatan secara lunak atau persuasif yang lebih menekankan pada hubungan baik antara petugas dengan nasabah, menjelaskan bahwa dana yang dikelola merupakan milik ummat. Maka tahap yang pertama melalui negosiasi/musyawarah (non litigasi), dimana dari hasil musyawarah ada penyitaan barang jaminan dan ada pembiayaan yang diikhlaskan melalui cadangan penghapusan pembiayaan (CPP) pada setiap akhir tahun. Penanganan yang kedua adalah melalui pengadilan (litigasi), yang dilakukan bila segala upaya persuasif gagal dilaksanakan. Penanganan BMT Beringharjo terhadap nasabah yang memberikan jaminan dengan etikad tidak baik masih lebih banyak diselesaikan secara musyawarah daripada secara litigasi. Pananganan BMT Beringharjo terhadap nasabah yang memberikan jaminan dengan etikat tidak baik bila dilihat dari perspektif al-Ghazali adalah sudah memenuhi aspek keadilan, memelihara relasi bisnis secara baik dan bersikap amanah, dan mengurangi margin keuntungan bahkan dengan adanya cadangan penghapusan pembiayaan (CPP).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Abd. Salam Arief, M.A
Uncontrolled Keywords: Jaminan, BMT
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:44
Last Modified: 03 Jun 2016 07:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum