UPAYA PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN DALAM MENINGKATKANKUALITAS LAYANAN UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

RICE AGUSTINA ADI MAYADEVI, NIM: 1320011030 (2016) UPAYA PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN DALAM MENINGKATKANKUALITAS LAYANAN UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN DALAM MENINGKATKANKUALITAS LAYANAN UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)
1320011030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN DALAM MENINGKATKANKUALITAS LAYANAN UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)
1320011030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertempat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen dalam meningkatkan kualitas layanan untuk pemberdayaan masyarakat dan hambatan serta dukungan terhadap upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga proses, yaitu proses reduksi data, proses penyajian data, serta proses penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan metode uji keabsahan data meliputi uji kredibilitas, uji dependability dan uji confirmability. Berdasarkan analisis terhadap data yang dihasilkan selama penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen walaupun tidak secara keseluruhan, tetapi cukup memenuhi kesepuluh dimensi kualitas layanan yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Courtesy, Empathy, Competence, Security, Access, Communication dan Understanding the Customer. Perpustakaan juga mengadakan program dan kegiatan diluar layanan seperti seminar, pelatihan teknologi informasi, handmade, tutorial hijab dan make up dan kegiatan lainnya. Untuk melaksanakan program dan kegiatan ini, perpustakaan bekerja sama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia dan Bill and Melinda Gate Foundation dengan Program PerpuSeru, PDE dan Telkom, Gramedia, Wardah dan Bank. Dari semua fasilitas, layanan, program dan kegiatan yang diadakan oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen telah membantu pemustaka untuk memberdayakan diri mereka. Sedangkan kendala yang dihadapi untuk melakukan upaya tersebut adalah dana dan kurangnya tenaga perpustakaan serta belum terdapat tenaga fungsional pustakawan. Sedangkan faktor pendukung yang dimiliki oleh perpustakaan adalah adanya kerja sama dengan instansi, organisasi atau lembaga lain, fasilitas yang memadai dan saling bergotong royong. Dari hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian mengenai peranan program PerpuSeru terhadap kemajuan perpustakaan-perpustakaan mitranya. Kata kunci: Kualitas layanan, pemberdayaan masyarakat, Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, pemberdayaan masyarakat, Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:42
Last Modified: 07 Mar 2024 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum