PARTISIPASI PARTAI AMANAT NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH ISTIMEWA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENGISIAN JABATAN, PELANTIKAN, KEDUDUKAN, TUGAS DAN WEWENANG GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

FAJAR ISMU NUGROHO, NIM. 10340196 (2016) PARTISIPASI PARTAI AMANAT NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH ISTIMEWA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENGISIAN JABATAN, PELANTIKAN, KEDUDUKAN, TUGAS DAN WEWENANG GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI PARTAI AMANAT NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH ISTIMEWA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENGISIAN JABATAN, PELANTIKAN, KEDUDUKAN, TUGAS DAN WEWENANG GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10340196_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI PARTAI AMANAT NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH ISTIMEWA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENGISIAN JABATAN, PELANTIKAN, KEDUDUKAN, TUGAS DAN WEWENANG GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10340196_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Partai Amanat Nasional dilihat dari kedudukannya memiliki peran yang cukup penting dalam sistem demokrasi. Sedangkan Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai iklim politik yang berbeda dibanding dengan daerah-daerah lain, dimana unsur-unsur Pemerintahan DIY seperti Gubernur dan Wakil Gubernur telah ditetapkan melalui Undang-Undang Keistimewaan. Sehingga, dalam pembentukan Peraturan Daerah Istimewa Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pengisian Jabatan, Pelantikan, Kedudukan, Tugas dan Wewenang Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, partisipasi PAN melalui dinamika dan mekanisme fraksi sangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan Peraturan Daerah Istimewa Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pengisian Jabatan, Pelantikan, Kedudukan, Tugas dan Wewenang Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, serta untuk mengetahui partisipasi Partai Amanat Nasional dalam proses pembentukan Perdais tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-analisis yaitu mengelola dan mendeskripsikan data yang dikaji secara sistematis, memahami sekaligus menganalisa data tersebut. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembentukan Peraturan Daerah Istimewa Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan, Pelantikan, Kedudukan, Tugas dan Wewenang Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan melalui legislasi yang matang dan mempertimbangkan aspirasi masyarakat melalui penjaringan aspirasi berupa public hearing, pemanfaatan waktu reses dengan konstituen dan penyusunan naskah akademik. Partisipasi Partai Amanat Nasional dalam proses pembentukan Peraturan Daerah Istimewa Nomor 2 Tahun 2015 sesuai dengan fungsinya seperti tercantum dalam Pasal 7 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik, yaitu sebagai sarana pendidikan politik, penciptaan iklim yang kondusif dan perekat persatuan, penyerap dan penghimpun sekaligus penyalur aspirasi politik masyarakat DIY.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Udiyo Basuki, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: partai amanat nasional, peraturan daerah istimewa yogyakarta
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 May 2016 11:31
Last Modified: 19 May 2016 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum