PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL (UPN) “VETERAN” YOGYAKARTA

SAHIDI, NIM: 1420010010 (2016) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL (UPN) “VETERAN” YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL (UPN) “VETERAN” YOGYAKARTA)
1420010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL (UPN) “VETERAN” YOGYAKARTA)
1420010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas merupakan derajat, tingkatan baik buruknya suatu produk atau memiliki karakteristik yang dapat memuaskan pengguna sesuai dengan apa yang diharapkan. Pelayanan dikatakan berkualitas atau memuaskan jika pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan penggunanya. Apabila penggunannya tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak berkualitas atau tidak efisien. Layanan yang berkualitas akan berdampak pada kepuasan, dengan kepuasan tersebut akan menimbulkan loyalitas dari penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kualitas layanan di UPT Perpustakaan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui loyalitas mahasiswa terhadap UPT Perpustakaan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas mahasiswa di UPT perpustakaan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan, observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada 264 sampel dari 10.250 populasi. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS v. 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kualitas layanan mayoritas masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata akhir 2,95 (2) Loyalitas mahasiswa secara keseluruhan menunjukkan dalam kategori baik dengan nilai rata-rata akhir 2,79. (3) Terdapat pengaruh yang siqnifikan antara kualitas layanan terhadap loyalitas mahasiswa di UPT perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi variabel kualitas layanan yaitu 0,000 < dari 0,05. Nilai koefisiensi regresi kualitas layanan yaitu 0,928 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang positif antara kualitas layanan terhadap loyalitas mahasiswa, artinya semakin tinggi atau semakin baik kualitas layanan yang diberikan perpustakaan dan staf perpustakaan maka akan meningkatkan loyalitas mahasiswa sebagai pemustaka untuk menggunakan UPT perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu agar staf UPT Perpustakaan Universitas Pembangunan (UPN) “Veteran” Yogyakarta lebih memberikan perhatian kepada mahasiswa sebagai pemustaka, pihak perpustakaan agar menyediakan koleksi yang memadai sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, memberikan layanan yang cepat dan tepat dan agar perpustakaan sering mengadakan program-program seperti bedah buku sebagai upaya meningkatkan loyalitas mahasiswa terhadap perpustakaan. Kata Kunci: Kualitas, Layanan, Mahasiswa, dan Loyalitas

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S.A.g., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Layanan, Mahasiswa, dan Loyalitas
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:45
Last Modified: 07 Mar 2024 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum