PELAKSANAAN PEMBERIAN SANTUNAN PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TERHADAP KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN

SAFITRI WULANDARI, NIM. 11340006 (2016) PELAKSANAAN PEMBERIAN SANTUNAN PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TERHADAP KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBERIAN SANTUNAN PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TERHADAP KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN)
11340006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBERIAN SANTUNAN PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TERHADAP KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN)
11340006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Transportasi di Indonesia semakin hari semakin maju yang berdampak pergerakan masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lain. Adanya mobilitas yang tinggi semakin memperpadat jalanan terutama di daerah Yogyakarta, hal ini mengakibatkan kelalaian keselamatan bagi pengguna jalan raya. Untuk menjamin keselamatan akibat kerugian yang ditimbukan Asuransi sangatlah dibutuhkan untuk menjamin keselamatan pengguna transportasi. Asuransi untuk menetapkan kerugian-kerugian yang sudah pasti sebagai pengganti kerugian besar yang belum pasti. PT.Jasa Raharja bertugas dan bertanggung jawab sosial untuk memupuk, menghimpun dan menyalurkan dana santunan Jasa Raharja sebagai jaminan pertanggungan kepada korban/ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di jalan Raya.Bagaimanakah pelaksanaan pemberian santunan Jasa Raharja dan Apakah pelaksanaan pemberian santunan PT.Jasa Raharja (Persero) Cabang Yogyakarta terhadap korban kecelakaan lalu lintas jalan sudah sesuai dengan UU No.33 Tahun 1964 dan UU No.34 Tahun 1964 dan apa upaya PT.Jasa Raharja (Persero) Cabang Yogyakarta dalam pemberian santunan terhadap korban kecelakaan lalu linats jalan? Penelitian ini merupakan penelitian hukum, untuk menjawab permasalahan tersebut penyusun menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu penelitian yang menekankan pada fakta-fakta yang terjadi di lapangan, kemudian menghubungkannya dengan teori atau peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai pelaksanaan pemberian santunan PT. Jasa Raharja (Persero) cabang Yogyakarta terhadap korban kecelakaan lalu lintas jalan.Kemudian di seluruh data di analisisa secara deskriptik analitik. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa, PT.Jasa Raharja (Persero) Cabang Yogyakarta telah menjalankan tugasnya dalam menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dalam bentuk santunan. PT.Jasa Raharja melakukan jemput bola ke rumah sakit atau keluarga korban setiap ada kecelakaan. Pelaksanaan pemberian asuransi oleh PT. Jasa Raharja (Persero) cabang Yogyakarta sudah sesuai dengan amanat dan besarnya santunan yang dapat dikeluarkan oleh PT.Jasa Raharja sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1964 dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 jo PP No. 18 Tahun 1965 yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No.36/PMK.010/2008 dan 37/PMK.010/2008. Kendala dalam penyaluran dana santunan yang dihadapi oleh PT.Jasa Raharja Cabang Yogyakarta maupun korban kecelakaan salah satunya kekurangan informasi maupun kendala administrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Iswantoro, S.H., M.H.,
Uncontrolled Keywords: Pemberian santunan PT. Jasa Raharja,korban kecelakaan lalu lintas jalan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 May 2016 14:28
Last Modified: 19 May 2016 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum