EVALUASI PENERAPAN SISTEM KEAMANAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA

GUSTINA ERLIANTI, NIM. 1420010025 (2016) EVALUASI PENERAPAN SISTEM KEAMANAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PENERAPAN SISTEM KEAMANAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA)
1420010025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PENERAPAN SISTEM KEAMANAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA)
1420010025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan kota Yogyakarta sebagai kebanggaan literasi informasi seharusnya dapat memberikan layanan yang optimal kepada pemustakanya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan koleksi lengkap dan terbaru sehingga kebutuhan informasi mereka terpenuhi. Namun dalam pemenuhan kebutuhan informasi, tidak jarang pemustaka yang melakukan tindakan vandalisme (perusakan koleksi) bahkan tercatat beberapa buku yang hilang dan tidak kembali ke perpustakaan. Hal yang perlu diperhatikan terkait dengan masalah tersebut adalah sistem keamanan yang diterapkan oleh perpustakaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem keamanan yang sudah diterapkan oleh perpustakaan kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah kepala dan pustakawan perpustakaan kota Yogyakarta yang berjumlah 27 orang. Untuk penarikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi yang kurang dari 30 orang. Variabel dalam penelitan ini bersifat tunggal yaitu sistem keamanan. Pengukuran sistem keamanan ini berdasar dari 3 faktor yaitu keamanan fisik perpustakaan, penggunaan teknologi (CCTV), dan kebijakan atau prosedur keamanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengukuran sistem keamanan berdasarkan skala likert (5-1) yang hasilnya ditafsirkan menjadi sangat sesuai, sesuai, cukup sesuai, tidak sesuai, dan sangat tidak sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan sistem keamanan yang diterapkan oleh perpustakaan kota Yogyakarta sudah sesuai dengan standar yang dikemukakan oleh beberapa ahli dengan total nilai rata-rata sebesar 3,5. Walaupun begitu terdapat 3 indikator yang mendapat nilai rata-rata (mean) kritis yaitu jendela (2,92), rekaman CCTV dijaga oleh personil keamanan (2,00), dan personil keamanan menjaga serta memantau semua area perpustakaan (2,30). Berdasarkan hal tersebut, maka disarankan kepada perpustakaan kota Yogyakarta untuk memperbaiki jendela, dan mengatur kembali kebijakan terkait dengan personil keamanan dan penggunaan CCTV. Kata kunci: evaluasi, keamanan fisik, kebijakan, personil keamanan, sistem keamanan koleksi, teknologi, perpustakaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Kifayah Amar, M.Sc,
Uncontrolled Keywords: evaluasi, keamanan fisik, kebijakan, personil keamanan, sistem keamanan koleksi, teknologi, perpustakaan.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jun 2016 08:40
Last Modified: 07 Mar 2024 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum