ANALISIS KESIAPAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN KEBAKARAN DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)

VIOLA DWI PUTRI SYARIF, NIM: 1420011035 (2016) ANALISIS KESIAPAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN KEBAKARAN DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESIAPAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN KEBAKARAN DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta))
1420011035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESIAPAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN KEBAKARAN DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta))
1420011035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah tentang Analisis Kesiapan Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Kebakaran di Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Rumusan masalahnya adalah bagaimana Kesiapan Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Kebakaran di Perpustakaan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan perpustakaan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan kebakaran di perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif serta menggunakan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampling yang berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut paut dengan apa yang diteliti melalui observasi, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi.Proses analisis data menggunakan teori Miles dan Hubermen, yaitu dengan mereduksi data, memfokuskan pada tema penelitian, menyajikan data, menjelaskan berdasarkan wawancara dan dokumentasi, serta menyimpulkan analisis. Hasil penelitian kesiapan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan kebakaran di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ditemukan jika perpustakaan memiliki potensi terjadinya bencana gempa bumi dan kebakaran. Dari segi konstruksi bangunan, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah siap dalam menghadapi bencana gempa bumi tetapi belum siap dalam menghadapi bencana kebakaran. Dari segi penyimpanan koleksi, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah siap dalam menghadapi bencana. Dari segi sistem proteksi aktif, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah siap dalam menghadapi bencana kebakaran. Dari segi sarana penyelamat jiwa, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah siap dalam menghadapi bencana. Dari segi kesiapan petugas, Petugas Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga belum siap dalam menghadapi bencana gempa bumi dan kebakaran di perpustakaan. Dari segi pengecekkan berkala dan perbaikan gedung, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga belum siap dalam melakukan perbaikan secara langsung terhadap kerusakan gedung atau sarana perpustakaan. Dari segi akses pemadam kebakaran, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga belum siap dalam menghadapi bencana. Dari segi pemeliharaan sarana kebakaran, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga belum siap dalam pemeliharaan sarana kebakaran.. Kata Kunci : Bencana, Kesiapan, Gempa Bumi, Kebakaran, Perpustakaan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Kifayah Amar, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Bencana, Kesiapan, Gempa Bumi, Kebakaran, Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:33
Last Modified: 02 Jun 2016 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum