PENGEMBANGAN MEDIA DARLANTAS (SADAR BERLALU LINTAS) UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN ETIKA BERLALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI

MOHAMMAD IRSYAD, NIM : 1420430002 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA DARLANTAS (SADAR BERLALU LINTAS) UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN ETIKA BERLALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA DARLANTAS (SADAR BERLALU LINTAS) UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN ETIKA BERLALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI)
1420430002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA DARLANTAS (SADAR BERLALU LINTAS) UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN ETIKA BERLALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI)
1420430002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Irsyad. Pengembangan Media Darlantas (Sadar Berlalu Lintas) Untuk Menanamkan Pendidikan Etika Berlalu Lintas Pada Anak Usia Dini. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Sekolah memiliki peran strategis untuk mewujudkan pengembangan disiplin dan etika berlalu lintas melalui proses pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil pengamatan peneliti, proses pembelajaran pendidikan etika berlalu lintas di lembaga PAUD masih dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang sederhana, seperti papan rambu lalu lintas. Hal ini menyebabkan pembelajaran berlangsung kurang maksimal. Kondisi ini melatarbelakangi peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran berkaitan dengan etika berlalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan dan kelayakan permainan Darlantas sebagai media pembelajaran untuk menanamkan pendidikan etika berlalu lintas pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, desain, dan pengembangan. Validasi produk dilakukan dengan cara alpha test, beta test, dan evaluasi akhir. Untuk validator alpha test yaitu satu ahli materi dan satu ahli media. Setelah alpha test dilakukan, kemudian produk direvisi dan dilakukan uji coba selanjutnya, yakni beta test. Dalam pelaksanaan beta test pertama yang menjadi subyek penelitian adalah 15 (lima belas) peserta didik dan pada beta test kedua adalah 3 (tiga) peserta didik dari kelas B3. Agar mendapatkan hasil penelitian yang representatif, evaluasi akhir dilakukan pada dua kelas yang berbeda, yakni kelas B3 yang berisikan 15 (lima belas) peserta didik dan kelas B4 yang berisikan 12 (dua belas) peserta didik. Semua subyek tersebut diminta untuk memberikan penilaian tentang kualitas produk Darlantas. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah: 1) Darlantas adalah pengembangan dari permainan Ular Tangga yang terdiri dari media utama yaitu papan permainan terbuat dari plastik baliho yang di dalamnya terdapat materi-materi tentang pendidikan etika berlalu lintas pada anak usia dini dan media pendukung yaitu kartu identitas pemain, kartu petunjuk, kartu pertanyaan, kartu bintang, peluit, dadu raksasa, dan buku panduan. 2) hasil evaluasi sumatif menunjukkan bahwa Darlantas layak atau sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran untuk menanamkan pendidikan etika berlalu lintas pada anak usia dini. Hal ini didasarkan pada hasil skor penilaian kelas B3 yang mencapai rata-rata 3,51 dan kelas B4 yang mencapai rata-rata 4,49 yang berarti masuk kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Darlantas layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk menanamkan pendidikan etika berlalu lintas pada anak usia dini. Kata kunci: permainan Darlantas, media pembelajaran, etika berlalu lintas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: permainan Darlantas, media pembelajaran, etika berlalu lintas
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:31
Last Modified: 02 Jun 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum