STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN ANIMO PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA)

EVA ZATUL AZIZAH, NIM. 12490071 (2016) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN ANIMO PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN ANIMO PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA))
12490071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN ANIMO PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA))
12490071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap kurangnya animo peserta didik karena sekolah pernah mengalami masa kepurukan dan sekarang mulai berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan animo peserta didik melalui strategi pemasaran jasa pendidikan menggunakan teori marketing mix yang meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidance, dan process di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta disandarkan pada teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan sekolah dalam mengenalkan sekolah melalui mengikuti lomba-lomba tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional serta mengadakan eventevent yang mendukung promosi sekolah. (2) Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Depok melalui teori marketing mix adalah: a) product yang ditawarkan yaitu meningkatkan produktivitas peserta didik dan sekolah pilihan pertama serta sekolah favorit, b) price yang ditawarkan terjangkau bagi masyarakat dan penentuannya melalui musyawarah, c) place yang cukup strategis dan lingkungan yang kondusif, d) promotion yang dilakukan melalui kegiatan yang berguna memperkenalkan sekolah dan melalui periklanan atau media masa, e) people/SDM yang ditekankan bersifat komitmen, loyalitas dan profesional, f) physical evidance yang dimiliki sarana prasana dan fasilitas lain sudah memadai dan meningkat setiap tahunnya, g) process jasa pendidikan melalui pembelajaran yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan fasilitas sekolah. (3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan animo peserta didik adalah: a) door to door di SD/MI, b) mengadakan try out di SD/MI, c) mengadakan lomba minisocker antar SD dan FAS, d) pengajian dengan menghadirkan tokoh penting, e) kegiatan yang melibatkan masyarakat Baksos, qurban, bazar, jalan santai dan donor darah, f) menjemput langsung siswa yang tidak diterima di SMP/MTS sekitar, g) prinsip AIDA+S adalah attention: orang tua memperoleh informasi dari alumni dan wali murid, interest: mencari informasi lebih lanjut, desire: wali murid menanyakan syarat-syarat pendaftaran, action: diterima dan mengikuti proses pembelajaran, satisfaction: konsumen akan merasa puas atau kecewa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. MISBAH ULMUNIR, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Jasa Pendidikan, Teori Marketing Mix, Prinsip AIDA+S
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 May 2016 09:56
Last Modified: 24 May 2016 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum