UPAYA MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA III

ATIKAATIKA 80, NIM. 124900 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA III)
12490080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA III)
12490080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terhadap rendahnya mutu dan citra lembaga pendidikan Islam, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Sementara itu, tantangan globalisasi yang semakin tinggi dan persaingan yang semakin meningkat, menuntut peserta didik untuk lebih berprestasi dan memiliki kemampuan yang profesional. Peneliti tertarik meneliti MAN Yogyakarta III sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang menunjukkan diri sebagai madrasah yang mampu meningkatkan mutu lembaga pendidikannya melalui proses pemasaran jasa pendidikan: segmentasi, positioning, dan strategi promosi jasa pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah agar lembaga pendidikan Islam lainnya juga mampu meningkatkan mutu lembaga pendidikannya dan dapat bersaing dengan lembaga pendidikan formal lainnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sasarannya seluruh warga sekolah yang terlibat dalam proses pemasaran. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan fenomenologi dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, indepth interview, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkap mengenai peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam melalui strategi pemasaran jasa pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MAN Yogyakarta III menetapkan segmentasi pasar dengan menerapkan beberapa pendekatan dari segmentasi pasar, yaitu: (a) segmentasi demografi; (b) segmentasi geografi; (c) segmentasi psikografi; (d) segmentasi psikologi; dan (e) segmentasi manfaat. (2) MAN Yogyakarta III menentukan positioning jasa pendidikannya dalam bidang akademik dengan pengembangan brand “Madrasah para Juara” yang mengarah pada visi MAYOGA, yaitu Ultraprima. (3) MAN Yogyakarta III mengakui bahwa strategi pemasaran jasa pendidikannya mampu meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam. Strategi pemasaran MAN Yogyakarta III secara tidak langsung menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang diawali dengan merumuskan strategi persaingan dengan melakukan identifikasi segmentasi pasar dan posisi jasa Mayoga; Membuat taktik pemasaran dengan menonjolkan keberbedaan positif (differensiasi) Mayoga dengan lembaga pendidikan lainnya; Penerapan bauran pemasaran (marketing mix) dengan konsep 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process). Strategi pemasaran jasa pendidikan MAYOGA dapat meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Mutu, Lembaga Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. IMAM MACHALI, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Peningkatan Mutu, Lembaga Pendidikan Islam
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 May 2016 10:14
Last Modified: 24 May 2016 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum