BENTUK-BENTUK KETAATAN BERAGAMA DALAM FILM “FIVE MINARETS IN NEW YORK” (STUDI ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP TOKOH HADJI GUMUZ)

INDAH PURNAMA SARI, NIM 1121 0083 (2016) BENTUK-BENTUK KETAATAN BERAGAMA DALAM FILM “FIVE MINARETS IN NEW YORK” (STUDI ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP TOKOH HADJI GUMUZ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BENTUK-BENTUK KETAATAN BERAGAMA DALAM FILM “FIVE MINARETS IN NEW YORK” (STUDI ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP TOKOH HADJI GUMUZ))
11210083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BENTUK-BENTUK KETAATAN BERAGAMA DALAM FILM “FIVE MINARETS IN NEW YORK” (STUDI ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP TOKOH HADJI GUMUZ))
11210083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan film yang sedemikian rupa membuat film menjadi sebuah industri yang di dalamnya terdapat bentuk-bentuk kepentingan. Bentuk-bentuk kepentingan dalam film sering disampaikan film dengan menggunakan bahasa verbal dan non-verbal yang dikemas melalui visualisasi yang menarik dan permainan isu-isu dramatik. Diantaranya isu tentang agama, sosial, ekonomi, politik, dan lain-lain. Salah satu film yang mengangkat isu keagamaan dan pesan-pesan keagamaan tentang bagaimana ketaatan beragama adalah film Five Minarets In New York. Penelitian ini mendiskusikan mengenai bagaimana bentuk-bentuk ketaatan beragama yang terdapat pada tokoh Hadji Gumuz dalam film Five Minarets In New York. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk ketaatan beragama yang terdapat di dalam sosok Hadji Gumuz pada film Five Minarets In New York. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis analisa data deskriptif. Analisis data yang digunakan yakni analisis semiotik menggunakan model Ferdinand De Saussure. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu teori tinjauan tentang ketaatan beragama, tinjauan tentang film dan tinjauan tentang tokoh dan penokohan. Peneliti memilih dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bentuk-bentuk ketaatan beragama pada sosok Hadji Gumuz yang digambarkan di dalam film Five Minarets in New York, yakni meyakini adanya Allah SWT, tidak menodai Islam, berdo’a, larangan membunuh, berkata jujur, melaksanakan salat baik secara munfarid maupun berjama’ah, selalu meminta ampunan kepada Allah SWT, rela berkorban, dan memberikan pengetahuan mengenai makna jihad yang Rasulullah lakukan dalam mensyiarkan ajaran Islam. Dari bentuk-bentuk ketaatan beragama yang Hadji Gumuz lakukan di dalam film Five Minarets in New York yakni semua perbuatannya sesuai dengan kemampuannya. Kata kunci : Ketaatan Beragama, Semiotik Ferdinand De Saussure, Film.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NANANG MIZWAR H, S.Sos.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Ketaatan Beragama, Semiotik Ferdinand De Saussure, Film.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:43
Last Modified: 03 Jun 2016 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20794

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum