DESAIN GRAFIS AKUN BERDAKWAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MEDIA SOSIAL LINE)

ANDI PRANATA, NIM. 11210112 (2016) DESAIN GRAFIS AKUN BERDAKWAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MEDIA SOSIAL LINE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN GRAFIS AKUN BERDAKWAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MEDIA SOSIAL LINE))
11210112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DESAIN GRAFIS AKUN BERDAKWAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MEDIA SOSIAL LINE))
11210112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang pada abad ke-21 ini membuat dakwah menjadi lebih mudah untuk disampaikan. Media sosial adalah salah satu perkembangan teknologi yang memiliki andil besar dalam kemudahan aktifitas dakwah. Dengan media sosial kita dapat berbagi informasi kepada banyak orang tanpa harus dibatasi ruang dan waktu sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktifitas dakwah kepada siapa saja dan dimana saja. Salah satunya akun Berdakwah menggunakan aplikasi LINE yang dibuat oleh Sigit Haryo Yudanto. Akun Berdakwah ini berinovasi dalam melakukan dakwah dengan menggunakan desain grafis untuk menjawab tantangan zaman. Akun Berdakwah ini didesain dengan memperhatikan karakteristik mad’u yang cepat jenuh dan mudah bosan dalam menerima dakwah sehingga desain grafis dikemas dengan menarik dan innovatif. Penelitian yang berjudul Desain Grafis Akun Berdakwah sebagai Media Dakwah (studi deskriptif tentang media sosial LINE) ini hadir dalam rangka memberikan pencerahan permasalahan di atas. Dalam hal ini, penulis mengkaji desain grafis dalam menyampaikan dakwahnya pada posting-an foto akhlak kepada Allah. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan berdasarkan teori unsur-unsur desain grafis dan prinsip-prinsip desain grafis. Kesimpulannya, ada beberapa kekurangan dalam penerapan prinsip dan unsur desain grafis dalam akun Berdakwah. Tetapi secara keseluruhan desain grafis yang diterapkan mampu menciptakan dakwah yang innovatif yang mampu menarik perhatian followers untuk melihat, kemudian membaca, dan mem-posting ulang melalui akun pribadi kepada orang lain melalui media sosial LINE. Kata Kunci: LINE, Dakwah, Akun Berdakwah, Desain Grafis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saptoni, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: LINE, Dakwah, Akun Berdakwah, Desain Grafis
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:34
Last Modified: 02 Jun 2016 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum