PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERDASARKAN PENDEKATAN DISCOVERY MATERI TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 PIYUNGAN

APRILIA ANGGRAENI PUSPITA, NIM. 07680022 (2012) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERDASARKAN PENDEKATAN DISCOVERY MATERI TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 PIYUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERDASARKAN PENDEKATAN DISCOVERY MATERI TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 PIYUNGAN)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERDASARKAN PENDEKATAN DISCOVERY MATERI TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 PIYUNGAN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menyusun pengembangan dan mengetahui kualitas LKS berdasarkan pendekatan discovery untuk mengukur kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas VIII semester 1 materi transportasi pada tumbuhan yang digunakan sebagai bahan ajar di laboratorium. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Penyusunan LKS melalui 2 sumber yaitu Sugiyono dan Dewi Padmo. Penyusunan pengembangan LKS menurut Sugiyono dimulai pada tahap validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk sedangkan menurut Dewi Padmo diawali pada tahap analisis, desain, dan pengembangan produksi. Subyek penilai kualitas bahan ajar berupa LKS IPA Biologi meliputi 2 orang guru IPA Biologi dan 10 orang siswa SMP kelas VIII di SMP N 2 Piyungan yang sebelumnya dilakukan peninjauan oleh masing-masing ahli yaitu 1 ahli media, 1 ahli bahasa, dan 1 ahli materi untuk mendapatkan saran/masukan (revisi 1). Hasil revisi 1 kemudian dimintakan persetujuan dari dosen pembimbing sebelum dilakukan ujicoba terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penilaian kualitas LKS IPA Biologi untuk guru dan siswa berupa angket. Penilaian kualitas LKS IPA Biologi dilakukan oleh guru meliputi 9 aspek penilaian dengan 30 indikator penilaian sedangkan untuk siswa hanya 6 aspek penilaian dengan 26 indikator penilaian. Penilaian kemampuan kognitif dengan mengerjakan soal evaluasi pada LKS sebanyak 15 butir soal dan kemampuan afektif berupa lembar observasi sebayak 7 butir soal serta kemampuan psikomotor berupa lembar observasi sebanyak 10 butir soal. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar LKS IPA Biologi adalah menyusun pengembangan dan mengetahui kualitas LKS. Berdasarkan pada tahaptahap dari Sugiyono dan Dewi Padmo maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan dalam menyusun LKS. Tahap-tahap penyusunan LKS tersebut yaitu tahap analisis, desain, pengembangan produksi, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Kualitas penilaian LKS IPA Biologi menunjukkan bahwa LKS yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB). Kemampuan kognitif memperoleh nilai rata-rata 8,4 sehingga ketuntasan belajar tercapai. Kemampuan afektif menunjukkan hasil penilaian yang cenderung Sangat Baik (SB). Adapun pada kemampuan psikomotor menunjukkan hasil penilaian Baik (B). Dengan demikian LKS IPA Biologi dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan praktikum di laboratorium untuk mengukur kemampuan kognitif, kemampuan afektif, dan kemampuan psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Pendekatan Discovery, LKS IPA Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2016 09:22
Last Modified: 25 May 2016 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum