PENGARUH METODE BELAJAR SOSIODRAMA (ROLE PLAYING) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI PADA MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

PANGGIH PRIYAMBODO, NIM. 05450026 (2011) PENGARUH METODE BELAJAR SOSIODRAMA (ROLE PLAYING) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI PADA MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE BELAJAR SOSIODRAMA (ROLE PLAYING) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI PADA MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE BELAJAR SOSIODRAMA (ROLE PLAYING) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI PADA MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode belajar sosiodrama (Role Playing) terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA-Biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta 2010/2011 pada materi fotosintesis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi- Eksperimental), dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta yang terdiri dari empat kelas. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIIA (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIIID (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes dan pengisian lembar angket motivasi belajar IPA-Biologi siswa. Analisis data untuk motivasi belajar IPA-Biologi menggunakan analisis deskriptif dan analisis prestasi belajar IPA-Biologi siswa menggunakan uji t. Uji analisis deskriptif terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa metode belajar sosiodrama (Role Playing) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode belajar sosiodrama (Role Playing) lebih tinggi dari persentase motivasi belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode belajar konvensional (ceramah dan diskusi). Hasil uji t terhadap nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen dengan nilai prestasi belajar siswa pada kelompok kontrol, hal ini terlihat dari hasil uji t yang menunjukkan harga F0=41,354 pada p=0,000. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa metode belajar sosiodrama (Role Playing) dalam pembelajaran IPA-Biologi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama (Role Playing), Motivasi, Prestasi, dan Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2016 09:25
Last Modified: 25 May 2016 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum