PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA PEREMPUAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI KASUS DI CV. SINAR JOYO BOYO PLASTIK, KOTA MAGELANG)

FITRI ANASARI, NIM. 12340024 (2016) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA PEREMPUAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI KASUS DI CV. SINAR JOYO BOYO PLASTIK, KOTA MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA PEREMPUAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI KASUS DI CV. SINAR JOYO BOYO PLASTIK, KOTA MAGELANG))
12340024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA PEREMPUAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI KASUS DI CV. SINAR JOYO BOYO PLASTIK, KOTA MAGELANG))
12340024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tenaga kerja adalah salah satu faktor yang penting di dalam suatu pembangunan. Pembangunan yang terus berkembang memberikan kesempatan tenaga kerja perempuan untuk bekerja di bidang industri. Sebagai pekerja, perempuan memiliki hak-hak khusus untuk dipenuhi dan dilindungi haknya sebagaimana telah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Meskipun sudah diatur di dalam undang-undang dan peraturan perundang-undangan lainnya, tetap saja masih ada perusahaan yang tidak melaksanakan peraturan tersebut dengan benar. Seperti pekerja perempuan di CV. Sinar Joyo Boyo Plastik Kota Magelang dimana dari hasil pra survey terdapat beberapa hak yang belum diberikan oleh pihak perusahaan. Salah satunya ialah terbatasnya fasilitas angkutan antar jemput untuk pekerja perempuan yang bekerja malam hari. Dari permasalahan tersebut penyusun tertarik untuk melakukan penelitian lebih dalam terkait permasalahan yang dialami pekerja perempuan di CV. Sinar Joyo Boyo Plastik Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan yuridis empiris yang menggunakan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia serta melihat bagaimana hukum yang ada dalam khususnya Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara langsung kepada para pihak yang dianggap mampu memberikan data yang akurat, pengisian angket sebagai data pelengkap, serta dokumentasi terhadap data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan perlindungan hukum pekerja perempuan di CV. Sinar Joyo Boyo Plastik Kota Magelang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah ada beberapa pelaksanaan perlindungan hukum pekerja perempuan yang sudah dipenuhi dan dilaksanakan sesuai dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan peraturan perundang-undangan lainnya antara lain pemberian cuti melahirkan selama 3 bulan dan pemberian upah yang sama antara pekerja laki-laki dan perempuan atas pekerjaan yang sama. Adapun hak pekerja perempuan yang belum diberikan yaitu hak atas cuti haid, hak untuk mendapatkan waktu menyusui atau ruang laktasi, hak atas makanan dan minuman bergizi bagi pekerja perempuan yang bekerja antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 05.00, dan terbatasnya penyediaan angkutan antar jemput untuk pekerja perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lindra Darnela, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum Pekerja Perempuan.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 May 2016 11:09
Last Modified: 25 May 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20819

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum