KRITIK BUYA HAMKA TERHADAP ADAT MINANGKABAU DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK (Humanisme Islam sebagai Analisis Wacana Kritis)

KHOLIFATUN NIM. 11510062, NIM. 11510062 (2016) KRITIK BUYA HAMKA TERHADAP ADAT MINANGKABAU DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK (Humanisme Islam sebagai Analisis Wacana Kritis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KRITIK BUYA HAMKA TERHADAP ADAT MINANGKABAU DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK (Humanisme Islam sebagai Analisis Wacana Kritis))
11510062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KRITIK BUYA HAMKA TERHADAP ADAT MINANGKABAU DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK (Humanisme Islam sebagai Analisis Wacana Kritis))
11510062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Novel adalah salah satu karya sastra yang dapat menjadi suatu cara untuk menyampaikan ideologi seseorang. Pengarang menciptakan karyanya sebagai alat untuk menyampaikan hasil dari pengamatan dan pemikirannya. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana cara penyampaian serta gaya bahasa yang ia gunakan dalam karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pemikiran Hamka di balik novelnya yang berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Dengan latar belakang seorang agamawan, bagaimana Buya Hamka menyikapi adat Minangkabau yang bersistem matrilineal. Untuk menganalisis novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini metode yang digunakan adalah metode analisis wacana kritis Norman Fairclough. Analisis wacana kritis model Norman Fairclough ini melihat bahasa sebagai praktik kekuasaan. Sudut pandang yang digunakan untuk menganalisis novel tersebut ialah humanisme Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel tersebut sebagai gambaran perlawanan dan kritikan Hamka terhadap adat Minangkabau yang mengekang. Pemerintah adat kurang memberi kebebasan terhadap masyarakatnya. Suatu kedudukan masih sebagai patokan dalam masyarakat. Sehingga hal tersebut mengakibatkan lemahnya tanggung jawab seorang laki-laki terhadap istri dan anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel, humanisme Islam, adat Minangkabau, dan pemikiran Hamka
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 May 2016 09:17
Last Modified: 26 May 2016 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum