JAMINAN SOSIAL VERSI DESA MELALUI INOVASI TIGA KARTU (Studi Konsep, Implementasi, dan Dampak Jaminan Sosial Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul)

RIYAN AGUS PRASETIYO, NIM 12230070 (2016) JAMINAN SOSIAL VERSI DESA MELALUI INOVASI TIGA KARTU (Studi Konsep, Implementasi, dan Dampak Jaminan Sosial Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JAMINAN SOSIAL VERSI DESA MELALUI INOVASI TIGA KARTU (Studi Konsep, Implementasi, dan Dampak Jaminan Sosial Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul))
12230070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (JAMINAN SOSIAL VERSI DESA MELALUI INOVASI TIGA KARTU (Studi Konsep, Implementasi, dan Dampak Jaminan Sosial Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul))
12230070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari persoalan ketidakamampuan kelompok rentan dalam mencukupi kebutuhan dasarnya, seperti dalam bidang kesehatan dan pendidikan yang layak. Pemerintah pusat sebenarnya sudah mempunyai program perlindungan sosial, namun masih banyak warga yang belum tercukupi program tersebut. Di Desa Panggungharjo ternyata ada juga program jaminan sosial melalui jaminan tiga kartu untuk memenuhi kebutuhan kelompok rentan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis bertanya tentang bagaimana konsep, bagaimana implementasi, dan bagaimana dampak jaminan sosial dengan inovasi tersebut. Guna menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif, data yang diperoleh dikumpulkan dan diwujudkan secara langsung dalam bentuk deskriptif atau gambaran tentang suasana atau keadaan objek secara menyeluruh, dan apa adanya berupa kata-kata lisan atau tertulis dari orang atau perilaku yang diamati. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode diantaranya adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan, penulis menggunakan teknik purposive, yaitu teknik pengambilan informan (sumber data) yang didasarkan atas pertimbangan tertentu, dengan cara penulis memilih orang tertentu yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan. Dalam penelitian ini ada 14 informan. Hasil penelitian menunjukkan, pertama: Dilihat dari penentuan peserta maka jaminan sosial di Desa Panggungharjo termasuk residual, dimana hanya melayani orang-orang marginal, baik karena kondisi ekonomi, atau karena tidak mendapatkan akses dari pemerintah pusat. Selanjutnya sumber dana JPS, tidak ada iuran dari kelompok rentan, akan tetapi ditanggung oleh Pemerintah Desa Panggungharjo atau pihak ketiga untuk mendanainya. Layanan program jaminan sosial di Desa Panggungharjo meliputi dua bidang yaitu kesehatan dan pendidikan dengan tiga kartu meliputi: Kartu Sehat, Kartu Ibu dan Anak, dan Kartu Pintar. Kedua, dilihat dari implementasi program jaminan sosial di Desa Panggungharjo sudah sesuai dengan Keputusan Lurah Desa Panggungharjo Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pembentukan Badan Pelaksana Jaring Pengaman Sosial (Bapel JPS), hanya saja belum ada buku panduannya yang mengatur itu semua, dan dalam penelitian penulis, ternyata masih banyak masyarakat Desa Pangunggungharjo yang belum mengerti secara detail program JPS. Ketiga, dampak jaminan sosial yaitu: 1) Adanya JPS Kesehatan, kelompok rentan atau masyarakat miskin bisa mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah, kesehatan mereka terjamin, terhindar dari kesengsaraan yang parah, terhindar dari resiko bayi lahir mati dan kematian ibu melahirkan. 2) Adanya JPS Pendidikan, menumbuhkan harapan-harapan baru bagi generasi selanjutnya, untuk mengakses pendidikan yang setinggi-tingginya karena adanya asuransi pendidikan. Kata Kunci: Jaminan Sosial, Inovasi Tiga Kartu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya S. Sos., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Jaminan Sosial, Inovasi Tiga Kartu
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:44
Last Modified: 03 Jun 2016 07:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20841

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum