PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Kota/Kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008-2014)

TIARA NATASHA PRAMESHWARI EFFENDY LUBIS, NIM. 12810054 (2016) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Kota/Kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008-2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Kota/Kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008-2014))
12810054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Kota/Kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008-2014))
12810054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Otonomi daerah pada tahun 2001 di Indonesia bertujuan untuk memberi kebebasan pemerintah daerah dalam mengelola daerahnya. Dengan adanya hal tersebut diharapkan pemerintah daerah dapat memajukan daerahnya serta mensejahterakan masyarakatnya. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Penelitian ini penting untuk dilakukan karena Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata dan memiliki banyak obyek wisata pada setiap kota/kabupatennya. Sesuai dengan teori ekonomi Islam yang digunakan, pemerintahan di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sudah sejalan dengan konsep ekonomi Islam. Pada penelitian ini variabel independen yang digunakan berupa Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan untuk variabel dependen berupa Belanja Modal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengambilan data APBD yang diambil melalui Badan Pusat Statistik (BPS) kota/kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2008-2014. Pada analisis data digunakan data panel yang diolah menggunakan E-Views versi 7. Teori yang digunakan berupa teori pertumbuhan ekonomi secara umum dan teori ekonomi Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serentak Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) kota/kabupaten Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal dengan nilai signifikansi F-statistic sebesar 0,000000 < 0,05. Kemudian pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap belanja modal dengan nilai koefisien 0,274 dan nilai signifikansi 0,157. Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh negatif signifikan terhadap belanja modal dengan nilai koefisien -0,732 dan nilai signifikansi 0,0005. Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh positif signifikan terhadap belanja modal dengan nilai koefisien 2,856 dan nilai signifikansi 0,0000. Dana Aokasi Khusus (DAK) berpengaruh positif signifikan terhadap belanja modal dengan nilai koefisien 0,118 dan nilai signifikansi 0,0302. Dengan demikian, pemerintah daerah diharapkan dapat terus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga belanja modal juga dapat meningkat. Berdasarkan teori ekonomi Islam Prof. M. Dawam Rahardjo, terdapat tujuh pilar ekonomi Islam. Tujuh pilar tersebut terdapat lima pilar yang sudah berjalan dalam pemerintahan daerah di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelima pilar tersebut yaitu, Al-Khilafah, Al Adl Wa Al Ihsan, Al-Syura, Ta’aruf, dan Amar Makruf Nahi Mungkar. Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Belanja Modal, Arsitektur Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Inayah Rohmaniyah, M.Hum., MA
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Belanja Modal, Arsitektur Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:13
Last Modified: 01 Jun 2016 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20854

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum