STUDI EVALUATIF KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN SANTRI RUMAH TAHFIDZQU DERESAN YOGYAKARTA

ENGGAR CAHYANINGTYAS, NIM. 1220410096 (2016) STUDI EVALUATIF KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN SANTRI RUMAH TAHFIDZQU DERESAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI EVALUATIF KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN SANTRI RUMAH TAHFIDZQU DERESAN YOGYAKARTA)
1220410096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI EVALUATIF KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN SANTRI RUMAH TAHFIDZQU DERESAN YOGYAKARTA)
1220410096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)

Abstract

Enggar Cahyaningtyas, NIM. 122040096, Studi Evaluatif Kegiatan Keagamaan Dalam Penanaman Nilai Keagamaan Santri Rumah TahfidzQu Deresan Yogyakarta. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penanaman nilai kehidupan kepada anak didik membutuhkan keteladanan dari guru, orangtua dan masyarakat. Penanaman nilai-nilai tersebut tidak hanya berlangsung di sekolah, tetapi juga di lingkungan keluarga dan masyarakat sehingga dengan keteladanan dan pendidikan nilai-nilai kehidupan menuju Indonesia yang bermartabat dan berbudaya akan terwujud. Secara tidak langsung penanaman nilai khususnya nilai keagamaan dapat terbentuk melalui kegiatan keagamaan yang diadakan lembaga pendidikan Islam. Proses kegaiatan yang ada tentunya membutuhkan studi evaluasi agar ketersesuaian antara tujuan dan hasilnya. Sebagaimana dalam penelitian ini untuk mengevaluasi kegiatan keagamaan dalam menanamkan nilai keagamaan santri di Rumah TahfidzQu Deresan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Peneliti memperhatikan, mengamati fakta, gejalagejala, peristiwa-peristiwa yang terjadi yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan, setelah itu penulis berusaha membandingkan antara apa yang telah dicapai melalui kegiatan keagamaan tersebut dengan tujuan yang diharapkan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman. Proses analisis datanya dilakukan dengan memulai menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis melalui tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kasimpulan. Hasil penelitian yang peneliti temukan bahwa: (1) Konsep penanaman nilai keagamaan yang ada di Rumah TahfidzQu belum tertulis secara baku. Akan tetapi sudah teraplikasikan dalam kegiatan keagamaan berdasarkan turunan kurikulum di setiap program. Program yang telah terlaksana secara rutin dievaluasi melalui rapat pengelola bersama dengan para ustadz-ustadzah yang setiap hari membersamai santri baik itu pekanan maupun bulanan, (2) Implementasi nilai keagamaan yang ada di Rumah TahfidzQu berdasarkan sistem nilai pendidikan pusat hampir semuanya sudah teraplikasi dalam kegiatan santri, akan tetapi ada 4 poin nilai yang lebih dominan dan menjadi ciri khas Rumah TahfidzQu Deresan yaitu nilai religius, disiplin, mandiri dan peduli lingkungan sosial, (3) Dampak ataupun hasil dari implementasi kegiatan keagamaan dalam menanamkan nilai keagamaan santri cukup signifikan terbukti dari sikap santri dalam mengikuti rutinitas kegiatan yang ada di Rumah TahfidzQu serta nilai keagamaan yang ada tersebut penting diaplikasikan untuk konteks kebangsaan. Dari keempat nilai tersebut dapat membantu mengarahkan santri menjadi warga Negara yang berkpribadian mulia sebagaimana harapan pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Nilai, Penanaman Nilai Agama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:50
Last Modified: 01 Jun 2016 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum