PERBANDINGAN KARAKTER SANTRI MUKIM DAN SANTRI NON MUKIM DI PONDOK PESANTREN AHLUSSUNAH WALJAMAA’AH KEC. AMBUNTEN, KAB. SUMENEP

SITI NURUL FATIMAH, NIM. 1320410058 (2016) PERBANDINGAN KARAKTER SANTRI MUKIM DAN SANTRI NON MUKIM DI PONDOK PESANTREN AHLUSSUNAH WALJAMAA’AH KEC. AMBUNTEN, KAB. SUMENEP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KARAKTER SANTRI MUKIM DAN SANTRI NON MUKIM DI PONDOK PESANTREN AHLUSSUNAH WALJAMAA’AH KEC. AMBUNTEN, KAB. SUMENEP)
1320410058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KARAKTER SANTRI MUKIM DAN SANTRI NON MUKIM DI PONDOK PESANTREN AHLUSSUNAH WALJAMAA’AH KEC. AMBUNTEN, KAB. SUMENEP)
1320410058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Siti Nurul Fatimah, NIM. 1320410058, Perbandingan Karakter Santri Mukim dan Santri Non Mukim di Pondok Pesantren Ahlussunah Waljama’ah Kec. Ambunten, Kab. Sumenep. 2015 Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kegelisahan penulis dalam melihat perbandingan karakter santri mukim dan non mukim yang sangat berbeda, umumnya yang terjadi pada santri yang belajar di pondok pesantren tradisional. Mereka yang sehari-hari memperoleh materi pelajaran yang didalamnya notabene berisi pokok-pokok keagamaan, seolah-olah hanya menjadi bumbu pelengkap atau bahasa lainnya adalah apa yang mereka pelajari tidak berbekas pada pribadi santri. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana Karakter Santri Mukim dan Non Mukim di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif eksploratif. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis gunakan adalah menetukan subyek secara acak, adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memahami dan terbentuk tingkah laku santri yang baik, berakhlak mulia dan sholeh maupun sholeha baik tutur kata, motorik, dan gaya hidup sehari-hari. Serta dapat menanamkan nilai-nilai positif sebagai acuan atau tuntunan hidup santri di masa sekarang maupun akan datang. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan karakter santri mukim dan non mukim yang mana penerimaan materi dengan dampak terhdap karakter yang dimiliki belum terserap secara menyeluruh. Dimungkinkan secara skill nilai-nilai amaliah tersebut baru tahapan pengetahuan saja, sehingga penting dilakukan evaluasi dan upaya peningkatan aktivitas ibadah serta pentingnya penerapan ilmu bagi santri saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Karakter Santri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:58
Last Modified: 01 Jun 2016 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20896

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum