ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA STEPHEN PIT CORDER DALAM PRAKTEK PERCAKAPAN BERBAHASA ARAB SISWI KELAS IX SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2015/2016

ANA SARI PUTRI, NIM. 1420410019 (2016) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA STEPHEN PIT CORDER DALAM PRAKTEK PERCAKAPAN BERBAHASA ARAB SISWI KELAS IX SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA STEPHEN PIT CORDER DALAM PRAKTEK PERCAKAPAN BERBAHASA ARAB SISWI KELAS IX SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2015/2016)
1420410019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA STEPHEN PIT CORDER DALAM PRAKTEK PERCAKAPAN BERBAHASA ARAB SISWI KELAS IX SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2015/2016)
1420410019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ana Sari Putri. 1420410019. Analisis Kesalahan Berbahasa Stephen Pit Corder dalam Praktek Percakapan Berbahasa Arab Siswi Kelas IX SMPIT Baitussalam Prambanan Tahun Ajaran 2015/2016. PPs UIN Sunan Kalijaga. 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena sosial praktek berbahasa Arab dalam percakapan harian siswi kelas IX SMPIT Baitussalam Prambanan tahun ajaran 2015/2016. Pelaksanaan praktek berbahasa Arab yang terjadi di kalangan siswi kelas IX sering kali diwarnai dengan berbagai bentuk kesalahan berbahasa. Terjadinya kesalahan bahasa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan serta menganalisis berbagai bentuk kesalahan yang terjadi dalam percakapan siswi kelas IX SMPIT Baitussalam. Penelitian ini menggunakan teori error analysis dan idiocyncratic dialect Stephen Pit Corder. Teori error analysis mengacu kepada pembagian kategori kesalahan berbahasa berdasarkan 4 aspek linguistik, yaitu : fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. Adapun pada tahapan analisis idiocyncratic dialect, analisa kesalahan dilakukan melalui 3 tahapan berdasarkan pada skema analisis Stephen Pit Corder, yaitu keluar 1 yang menerangkan bahwa kalimat tersebut tidak berkontribusi dialek idiosinkratik , keluar 2 dan 3 menerangkan bahwa kalimat tersebut berkontribusi pada dialek idiosinkratik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik sampling yang digunakan berupa proposionate stratified random sampling. Proses identifikasi kesalahan berbahasa dilakukan melalui 5 langkah, yaitu : memilih korpus bahasa, mengenali kesalahan dalam korpus, mengklasifikasikan kesalahan, menjelaskan kesalahan, dan mengevaluasi kesalahan. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa yang terjadi dalam percakapan berbahasa Arab siswi kelas IX tersebar dalam 4 jenis kesalahan, yaitu kesalahan dalam hal fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. Kesalahan – kesalahan tersebut cukup memberi dampak signifikan terhadap aspek ketrampilan menulis serta berbicara siswi kelas IX. Tipe bahasa Arab yang diproduksi oleh siswi kelas IX tergolong kategori idiosinkratik terbuka, karena sebagian besar dari kesalahan yang terjadi dapat diketahui dengan jelas dan diperbaiki sesuai dengan gramatikal bahasa Arab yang berlaku,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Maksudin. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Stephen Pit Corder, Dialek Idiosinkra
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:10
Last Modified: 01 Jun 2016 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum