IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

MAYASARI, S PD I, NIM. 1420410088 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
1420410088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
1420410088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) DI SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini berangkat dari dua pertanyaan penelitian yang hendak dijawab yaitu: 1) Bagaimana Implementasi kurikulum 2013 pada ABK di SD Muhammadiyah Sapen, Yogyakarta?; 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 pada ABK di SD Muhammadiyah Sapen, Yogyakarta? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis, sedangkan subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas, psikolog dan siswa ABK. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan partisipasi. Proses analisis data, yaitu: reduksi data, display/penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Kemudian untuk keabsahan data melalui triangulasi. Hasil temuan penelitian: Implementasi kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Sapen dilakukan secara bertahap. Kemudian implementasi kurikulum 2013 pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Muhammadiyah Sapen strategi pelaksaan kurikulum disesuaikan dengan gradasi berat atau ringannya kondisi peserta didik. Dalam proses pembelajaran ABK dapat menentukan sendiri tema atau hal yang akan dipelajarinya pada hari tersebut. Hal tersebutlah yang menciptakan lingkungan pembelajaran yang komunikatif, ramah, dan bersahabat. Selanjutnya untuk penyusunan RPP, khusus untuk anak ABK, SK/KD bisa diturunkan dan disesuaikan berdasarkan kemampuan anak. Misalnya pada kelas 1 siswa dapat menulis dan menyebutkan huruf atau bilangan. Kemudian khusus untuk anak ABK diturunkan menjadi siswa dapat menulis huruf atau bilangan. Sedangkan dalam hal membaca, menulis, berhitung serta keterampilan untuk anak ABK ringan secara umum tidak berbeda dengan anak normal, kecuali materi pembelajaran lebih disederhanakan disesuaikan dengan mental dan usia peserta didik dan alokasi waktu lebih diperpanjang. Kemudian dalam memberikan pembelajaran untuk anak tunagrahita guru banyak menggunakan contoh atau perumpamaan kemudian praktek dan berkolaborasi dengan kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 pada ABK di SD Muhammadiyah Sapen, yaitu: pertama, faktor pendukungnya adalah tidak adanya diskriminasi antara anak normal dengan anak ABK, sehingga proses tersebut secara tidak langsung mengajarkan pada anak-anak untuk menghargai perbedaan dan agar anak mengerti bahwa setiap orang memiliki hak yang sama. Kemudian terjalinnya kerjasama baik dengan Diknas-diknas, diantaranya adalah Diknas pariwisata. Hal tersebut sangat mendukung implementasi kurikulum karena selain di kelas siswa juga melakukan pembelajaran diluar kelas berinteraksi secara langsung dengan alam. Selanjutnya adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah Provinsi, seperti Pemerintah bertanggungjawab dalam mempersiapkan guru dan kepala sekolah untuk melaksanakan kurikulum kemudian Pemerintah kabupaten/kota bertanggungjawab dalam memberikan bantuan profesional kepada guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan kurikulum di kabupaten/kota terkait. Kedua, faktor penghambatnya adalah belum tersedianya tenaga khusus untuk penanganan anak tunarungu dan tunagrahita, belum adanya GPK, kurang efisiennya waktu pembelajaran karna untuk ABK alokasi waktu lebih diperpanjang. Kemudian dalam kurikulum 2013 guru diwajibkan menguasi semua mata pelajaran kecuali mata pelajaran agama dan oleh raga. Serta masih kurangnya pemahaman guru tentang penanganan masalah anak-anak ABK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, ABK
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:15
Last Modified: 01 Jun 2016 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20900

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum