NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RUBRIK KHUTBAH MAJALAH MANGLÉ EDISI TAHUN 2015

ILMA YULIANTI, NIM. 1420410203 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RUBRIK KHUTBAH MAJALAH MANGLÉ EDISI TAHUN 2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RUBRIK KHUTBAH MAJALAH MANGLÉ EDISI TAHUN 2015)
1420410203_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RUBRIK KHUTBAH MAJALAH MANGLÉ EDISI TAHUN 2015)
1420410203_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ilma Yulianti, NIM. 1420410203: Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Rubrik Khutbah Majalah Manglé edisi Tahun 2015. Latar belakang penelitian ini berangkat dari adanya kecenderungan perhatian masyarakat terhadap penggunaan media massa yang berdampak pada kondisi masyarakat, yakni nilai-nilai yang ada di masyarakat. Pesan yang disampaikan oleh media massa tentu menawarkan pesan positif dan negatif yang tidak dapat terelakan ketika masyarakat membaca sebuah media massa. Hal ini menjadi ancaman bagi masyarakat itu sendiri, terlebih lagi ketika pesan negatif pun sampai kepada hati pembaca. Pesan positif yang ada dalam media massa tentu akan melahirkan nilai yang positif di masyarakat, begitu juga sebaliknya. Disadari bahwa media massa sangat penting dalam membentuk nilai-nilai masyarakat, majalah Mangle merupakan salah satu media massa yang dapat mendukung tercapainya pembentukan nilai-nilai seseorang, terlebih lagi majalah Mangle mengandung rubrik khutbah yang syarat akan nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkapkan pokok permasalahan mengenai apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam rubrik khutbah majalah Manglé, relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam rubrik khutbah majalah Manglé tahun, dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat nilainilai pendidikan Islam dalam rubrik khutbah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan kepustakaan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis, disamping pendekatan filosofis dan pedagogis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi dokumendokumen rubrik khutbah majalah Manglé. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai, pendidikan Islam, rubrik dan khutbah. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam rubrik khutbah majalah Mangle edisi tahun 2015 adalah nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan, nilai-nilai syariah dan ibadah, dan nilai-nilai akhlak. Kedua, kelebihan dan kekurangan rubrik khutbah majalah Manglé yaitu rubrik khutbah majalah Manglé memiliki kelebihan yakni majalah Mangle memiliki status hukum yang telah diakui dan jelas, majalah Manglé mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, majalah Manglé syarat akan cinta kearifan lokal, sedangkan kekurangannya ada pada bagaimana materi khutbah itu diseleksi melalui rapat redaksi majalah Manglé dan kurangnya minat seseorang untuk menulis di majalah Manglé khususnya rubrik khutbah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Rubrik dan Khutbah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:18
Last Modified: 01 Jun 2016 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum